Kondisi Sudah Tak Layak, Warga RW 09 Kemayoran Minta Walikota Jakpus Perbaiki MCK Umum

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Warga RW 09 Kelurahan Kemayoran, minta kepada Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma supaya memperbaiki fasilitas umum   Mandi Cuci dan Kakus (MCK) di Jalan Kepu Timur Raya, Gang Mantri II RT07. Pasalnya WC umum tersebut kondisinya sudah sangat tidak layak. 

Bangunan MCK umum itu berdiri di atas lahan seluas 120 meter persegi  milik Pemprov DKI Jakarta. Tiap hari fasilitas tersebut digunakan oleh ratusan warga yang tinggal di kampung padat hunian.  Banyak rumah warga yang tidak punya kamar kecil sehingga mereka tiap hari memanfaatkan MCK umum. Namun bangunan MCK tersebut kondisinya sudah rusak,  seperti dinding keropos, pintu bolong,  aliran tersendat,  bau pesing, dan lainnya.

Ketua RW 09  Suradi minta tolong kepada Walikota Dhany yang tengah memantau kegiatan Gerebek Lumpur di kawasan tersebut. “Pak Wali tolong MCK umum di lingkungan kami diperbaiki, karena keberadaannya sudah sangat memprihatinkan,” katanya,  Senin (5/4). Menurutnya,  warga sangat mengharapkan pemerintah turun tangan merenovasi MCK tersebut.

Menanggapi hal tersebut Walikota Dhany mengatakan pihaknya akan mengerahkan jajarannya untuk memeriksa kondisi lapangan.  “Untuk memperbaiki MCK  perlu adanya kolaborasi dengan intansi terkait seperti Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota, camat dan lurah,” ujar Dhany. Menurutnya,  MCK ini memang perlu diperbaiki atau direnovasi agar lebih indah, tertata, dan nyaman,” kata Dhany didampingi Camat Kemayoran Asep Mulyawan.

Lurah Kemayoran, Rahmat Fadjar didampingi Babinkamtibmas, Aiptu Dwi Yulianto dan Babinsa, Serma Jumarno menjelaskan bahwa warga sangat membutuhkan MCK tersebut. Kalau tidak ada fasilitas ini,  tentu banyak warga yang terpaksa buang hajat di tempat sembarangan lantaran di rumahnya tidak ada WC.

Fadjar menuturkan, bangunan MCK tersebut berdiri di atas lahan aset Pemda DKI Jakarta dengan luas tanah 120 meter persegi, sedangkan bangunan MCK itu sendiri luas 60 meter persegi.

“MCK dikelola secara swadaya oleh pengurus RT setempat. Bangunan tersebut sudah berdiri lebih dari 10 tahun lalu yang dibangun secara sederhana melalui dana PPMK,” pungkasnya. (joko)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *