Konsolidasi Menuju Pelayanan Pertanahan Modern, Kementerian ATR/BPN Laksanakan Rapat Kerja Nasional Tahun 2021

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Sebagai penanggung jawab administrasi pertanahan di Indonesia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus merapatkan barisan mewujudkan visi pelayanan pertanahan modern. Salah satunya dengan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2021. Pandemi Covid-19 tidak menghalangi konsolidasi internal ini, karena kegiatan yang akan berlangsung pada 5 s.d. 8 April 2021 tersebut dilakukan secara daring serta luring dengan peserta terbatas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN mengatakan bahwa pada raker dengan tema “Mewujudkan Pelayanan Modern, Profesional dan Terpercaya di Bidang Pertanahan dan Tata Ruang” ini, jajaran pimpinan Kementerian ATR/BPN akan melakukan evaluasi dan merumuskan strategi pelaksanaan kinerja Program Strategis Kementerian Tahun 2021.

“Raker ini merupakan ajang evaluasi program yang telah berjalan sebelumnya serta upaya awal untuk menyusun strategi pelaksanaan Program Strategis Nasional yang telah dicanangkan,” ujar Yulia Jaya Nirmawati di Jakarta, Minggu (04/04/2021).

Pada kesempatan ini ia juga menjelaskan empat hal utama yang akan dibahas secara mendalam pada Rakernas ini. “Pada kesempatan ini Kementerian akan menyusun _Baseline_ dan Rencana Aksi Pelayanan Elektronik, _Baseline_ dan Rencana Aksi Pelaksanaan dan Reforma Agraria dan Penanganan Konflik, Rencana Aksi Percepatan Rencana Tata Ruang dan Pengendalian Lokasi Prioritas (LOKPRI 2021) dan yang keempat adalah penyusunan Rencana Aksi Penyusunan Peraturan Pelaksanaan PP No. 18 Tahun 2021,” ujar Yulia Jaya Nirmawati.

Terkait dengan pelayanan digital, pada Rakernas ini akan dibahas arah kebijakan dan langkah-langkah strategis yang tepat untuk merespon isu strategis “Digital Melayani”. Dimana peningkatan kualitas dan digitalisasi data pertanahan menjadi kunci.

Sebagai informasi, pada rapat kerja ini akan dilakukan juga penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian ATR/BPN dengan beberapa lembaga lain. Rakernas tahun 2021 akan diikuti oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Staf Ahli, Staf Khusus, Tenaga Ahli, dan Pejabat Administrator di Lingkungan Kementerian ATR/BPN. (Np)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *