Kejagung Belum Sentuh Aset Tersangka Asabri Lukman Purnomo Sidi Dkk

HEADLINE HUKRIM

Hotel Brothers Milik Bentjok Disita

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Seperti memiliki indera keenam sehingga aset hasil ‘jarahan’ Asabri selalu dapat dideteksi oleh Kejaksaan Agung. 

Hotel Brothers Solo Baru,yang tidak terjamah dalam Skandal Jiwasraya,  kini berada dalam genggaman, setelah disita Tim Penyidik Asabri.

Sebaliknya, aset tersangka Lukman Purnomo Sidi,  Bachtiar Effendi dan Hari Setianto belum diketahhi hasil dan wujudnya. Tersangka Asabri 9 orang.

“Hotel tersebut disita,  karena terkait dengan tersangka BTS,” kata Leonard Eben Ezer Simanjuntak,  di Jakarta,  Senin (5/3) malam.

Inisial BTS singkatan Benny Tjokrosaputro alias Bentjok yang menjabat Dirut PT. Hanson International Tbk.

Penyitaan tersebut, menurut Leonard sekaligus mencakup atas tanah seluas 3. 109 M2 sesuai Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) No.  1931.

Lahan dan bangunan terletak,  di Desa
Langenharjo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Pemegang Hak atas nama PT. Brothers Graha Pratama (Hotel Brothers Solo Baru), ” ungkapnya.

Belum diketahui berapa nilai aset yang telah disita tersebut,  sebab Kejagung masih menunggu taksiran atau taksasi oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

Sebelum ini,  Hotel dan Mall milik Bentjok di Pontianak juga sudah disita berserta lahan dan bangunan milik tersangka Heru Hidayat (Komut PT. Trada Alam Minera Tbk).

Selain itu,  jutaan lahan M2 milik Bentjok juga disita,  di Banten dan Bogor serta usaha tambang,  di Sukabumi. Serta 20 kapal milik Heru.

Juga,  lukisan berlapis emas dan Rolls Royce milik tersangka Jimmy Sutopo (Dirut PT. Jakarta Investor Emiten Relation).

Kemudian, 17 bus berbadan besar milik Eks. Dirut PT. ASABRi Sonny Widjaja dan 3 Jip Range Rover milik anak buah Sonny,  Ilham W. Siregar dan beberapa aset milik Adam R. Damiri.

PRIMA JARINGAN

Sebaliknya, hasil penyitaan terhadap Lukman Purnomosidi (Dirut PT. Prima Jaringan), Bachtiar Effendi (Eks. Kadiv Keuangan dan Investasi Asabri 2012 – Mei 2015).

Serta Hari Setianto (Direktur Investasi dan Keuangan 2013 – 2019) belum diketahui sama sekali.

Mengacu kepada hasil sitaan terhadap Ilham W. Siregar (Eks. Kadiv Investasi Juli 2012 – Januari 2017) berupa 9 mobil,  tiga diantaranya Jip Mewah Range Rover paling tidak aset Bachtiar dan Hari tidak jauh berbeda.

“Saya percaya Integritas Pak Jampidsus. Kita tunggu saja. Terus terang,  kita apresiasi kinerja tim penyidik, ” ucap Boyamajn Saiman, Pegiat Anti Korupsi terpisah,  Selasa (6/3). (ahi)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *