Indonesia Dorong Penguatan Kerja Sama Pemuda ASEAN dan Italia

HEADLINE INTERNASIONAL

JAKARTANEWS.ID -ROMA, ITALIA: Indonesia mendorong penguatan kerja sama para pemuda ASEAN dan Italia dalam The 1st Youth Conference on ASEAN and Italy Partnership for Development. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Global Action Italia yang dihadiri oleh sekitar 100 pemuda dari berbagai negara di ASEAN dan Italia.

Dalam kapasitasnya sebagai Ketua ASEAN Committee in Rome (ACR), Duta Besar Indonesia untuk Italia, Esti Andayani, menjelaskan jumlah pemuda di Italia usia 15-34 tahun mencapai sekitar 13,5 juta jiwa sementara terdapat pula 223 juta pemuda di ASEAN.

“Generasi muda ini adalah aset sekaligus pihak penting dalam mendukung upaya bersama kita menghadapi pandemi ini, dan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan,” katanya kegiatan yang diselenggarakan secara daring, Kamis (8/4/2021), seperti dikutip kemlu.go.id.
Konferensi Pemuda ASEAN-Italia yang pertama kali dilaksanakan ini telah menghasilkan communique yang berisi pandangan dan usulan peserta konferensi dalam 3 (tiga) isu utama, yaitu: kesehatan dan pandemi Covid-19, pembangunan berkelanjutan dan tantangan masa depan, serta pendidikan dan inovasi. Butir-butir rekomendasi tersebut telah dibacakan oleh 6 peserta terbaik konferensi, termasuk 2 peserta diantaranya dari Indonesia yaitu: James Daniel (CIMSA UGM) dan Nasya Arkady (SMA Global Mandiri).
Momentum kerja sama ASEAN dan Italia ditandai dengan pemberian status Development Partner kepada Italia pada September 2020. Keputusan tersebut disepakati para Menteri Luar Negeri ASEAN pada Pertemuan ke-53 Menteri Luar Negeri negara ASEAN pada 9 September 2020. Italia memandang penting peran ASEAN baik di kawasan regional maupun internasional, dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, serta keberhasilan ASEAN dalam menjaga ekosistim perdamaian, keamanan dan kesejahteraan di kawasan. (Kemlu/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *