Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit Resmi Melantai di Bursa Efek

EKBIS HEADLINE

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Perusahaan perkebunan kelapa sawit milik, PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG), mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (12/4/2021).

Perseroan melepas sebanyak 866,20 juta saham baru atau sebanyak 4,36 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum,dengan harga pelaksanaan Rp 200 per saham. Dengan demikian, dari IPO ini, perseroan meraih dana sebesar Rp173,24 miliar.
TAPG juga mengadakan Program Pemberian Saham Penghargaan Dalam Program Employee Stock Allocation (ESA) dengan jumlah sebanyak 0,57 persen dari saham yang ditawarkan dalam Penawaran Umum atau sebanyak 4.897.000 saham. Saham yang ditawarkan merupakan Saham Baru yang dikeluarkan dari portepel Perseroan.
Saat kali pertama melantai di bursa, saham TAPG bergerak naik 35 persen ke level Rp270 per saham atau naik 70 poin. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar TAPG mencapai Rp5,36 triliun.
Corporate Secretary Triputra Agro Persada, Joni Tjeng mengatakan, dana yang diperoleh dari penawaran umum ini akan digunakan perseroan untuk meningkatkan penyertaan modal pada perusahaan anak, yaitu PT Agro Multi Persada (AMP) yang kemudian akan disalurkan kepada perusahaan anak AMP, yaitu PT Sukses Karya Mandiri (SKM) untuk belanja modal dan modal kerja sehubungan dengan pembangunan pabrik SKM di K alimantan Tengah.
“Selain itu perseroan juga akan menggunakan sisa dana untuk modal kerja berupa pembelian pupuk,” kata Joni.
Saat ini, TAPG beroperasi di 24 lokasi perkebunan kelapa sawit, 1 perkebunan karet, 15 pabrik kelapa sawit, 1 pabrik Ribbed Smoke Sheet (RSS ) dan 4 kantor cabang Perusahaan Anak yang berlokasi di Jambi, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.
Pemegang saham TAPG saat ini antara lain, PT Persada Capital Investama sebesar 23,24 persen, PT Triputra Investindo Arya 22,51 persen. Salween Investment Pte Ltd 20,74 persen. Selanjutnya, Gochean Holdings Inc 15,13 persen, PT Daya Adicipta Mustika 14.02 persen dan sisanya pemegang saham publik. (yok)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *