Sempat Tak Beroperasi, Warga RW07 Karet Setiabudi Aktifkan Kembali Bank Sampah

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA: Warga RW 07 Kelurahan Karet, Setiabudi, mengaktifkan kembali kegiatan Bank Sampah yang sempat terhenti selama 10 yang berlokasi di Taman Bedeng, Jalan Foba RT 01/07 Kelurahan Karet, Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (11/4/2021).

Lurah Karet Setiabudi Kiki M Akbar mengapresiasi, diaktifkan kembali kegiatan bank sampah, karena keberadaan bank sampah ini merupakan salah satu bukti kepedulian masyarakat dalam membantu pemerintah mengurangi volume sampah di lingkungan masing-masing yang akan dibuang ke TPA Bantar Gebang.

“Apresiasi yang tinggi atas inisiatif warga RW 07 yang mendirikan bank sampah di wilayahnya. Keberadaan bank sampah ini adalah salah satu wujud kepedulian masyarakat akan kebersihan lingkungan,” tuturnya, Senin (12/4).

Dia menjelaskan, saat ini sudah ada dua bank sampah yang beroperasi di wilayahnya. Sebelumnya, warga RW 02 sudah mendirikan bank sampah dengan 40 nasabah.

“Ke depan kami akan terus berupaya menambah bank sampah di Kelurahan Karet,” ujar Kiki M Akbar.

Sementara itu Ketua RW 07, Hasan menjelaskan, bank sampah di wilayahnya ini kembali diaktifkan setelah vakum selama 10 tahun.

Sejak diaktifkan kembali bank sampah, penimbangan pertama, Minggu (11/4), total terkumpul 479 kilogram sampah dari 12 nasabah. Sampah yang ditimbang, berupa kardus, kertas, botol air mineral dan lain sebagainya.

“Selanjutnya sampah itu kami bawa ke bank sampah induk di Menteng Atas. Selain membantu pemerintah mengurangi volume sampah, ini juga dapat menambah penghasilan warga di RW 07,” ujarnya. (John A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *