Disdagperin Kota Bekasi: Harga Pangan Pokok Masih Stabil

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWA.ID-KOTA BEKASI: Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bekasi, Kariman memastikan harga pangan pokok jelang dan saat Ramadan dalam kondisi stabil dan terkendali pergerakannya. Hal ini disampaikan dalam siaran Pers Humas Pemkot Bekasi, Selasa (13/4/2021).

Hal ini kata Kariman, terlihat dari sejumlah komoditas mulai menunjukkan tren penurunan dalam beberapa hari terakhir.

“Hasil meninjau dilapangan dipastikan seluruh bahan pokok dan penting untuk kebutuhan menghadapi Ramadan dan Idulfitri bisa terjaga dengan baik. Kita pastikan bahwa stok ada, stok terjamin dan kita akan melihat penurunan harga yang baik, antara hari ini sampai puasa dan mudah-mudahan akan terjaga hingga Idulfitri,” kata Kariman.

Data menunjukkan antara 13 Maret dan 6 April 2021 harga beras premium stabil dengan kisaran harga Rp. 12.000; per kg gram dan minyak goreng curah stabil dengan kisaran harga Rp. 14.000; perliter.

Beberapa komoditas lain bahkan mengalami kenaikan, namun tidak secara signifikan. Di antaranya cabai merah besar yang rata-rata di kisaran Rp. 55.000 per kg pada menjadi Rp. 60.000 per kg, lalu telor bebek yang rata-rata kisaran Rp. 2.500; perbutir menjadi Rp. 3000; perbutir.

Meski demikian, Kariman memaparkan terdapat tren penurunan harga pada komoditas tersebut seiring dengan bertambahnya pasokan.

Sebagai contoh, harga beras medium terpantau yang berada di angka Rp 11.000 per kg sejatinya turun menjadi Rp. 10.000; beras termurah dari harga Rp. 10.000 per kg menjadi turun menjadi Rp. 9000; dan cabe rawit merah dari harga Rp. 80.000/ Kg menjadi turun Rp. 70.000;/Kg.

Sedangkan untuk bawang merah, bawang putih cutting dan bawang honan harganya masih stabil.

“Banyak yang stabil dan hanya sedikit komoditi yang naik disertai tren turun,” tutupnya. (John A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *