Kapal Selam KRI Nanggala-402 Dipastikan Tenggelam, 53 Awak Kapal Gugur

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto dengan penuh perasaan dukacita menyampaikan, Kapal Selam KRI Nanggala-402 dipastikan tenggelam dan 53 awak kapal telah gugur.

Hadi mengungkapkan, bagian KRI Nanggala-402 telah ditemukan setelah dilakukan upaya pemindaian oleh KRI Rigel.

“KRI Rigel telah melakukan pemindaian secara lebih akurat di lokasi tersebut menggunakan multibeam sonar dan magnetometer,” ujar Hadi dalam konferensi pers, Minggu (25/4/2021).

“Telah menghasilkan citra bawah air yang lebih detail, di mana diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402,” jelas Hadi.

Hadi menyatakan, tim pencarian juga telah berhasil menemukan sejumlah bagian dari Kapal Selam KRI Nanggala-402.

“Hal itu meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi, selang timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal.”

Mantan KSAU ini pun menyampaikan, KRI Nanggala-402 dipastikan tenggelam dan seluruh awak kapal gugur.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” ungkapnya.

Pihaknya menyampaikan duka mendalam atas gugurnya 53 awak kapal KRI Nanggala-402.

“Oleh karena itu, dengan kesedihan yang mendalam, selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personel telah gugur,” jelasnya.

Hadi menegaskan, prajurit-prajurit terbaik telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali.”

“Selaku Panglima TNI saya menyampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur,” tutup Hadi Tjahjanto.

Terbelah 3 Bagian

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan, KRI Nanggala-402 yang hilang kontak telah ditemukan di perairan Bali. Dimana jaraknya 1.500 yard ke Selatan dari letak tenggelamnya kapal pertama kali dengan kedalaman 838 meter.

Yudo juga menyebut, KRI Nanggala terbelah menjadi tiga bagian.

“Terdapat bagian-bagian KRI Nanggala. Jadi di sana KRI Nanggala terbelah menjadi tiga bagian yang tadi disampaikan panglima TNI,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KRI Nanggala 402 hilang kontak saat akan melakukan uji tembak torpedo di perairan Bali pada Rabu (17/4/2021). Saat insiden itu terjadi, KRI Nanggala tengah membawa 53 awak. (Daniel)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *