Kembalikan Fungsi Lahan Sebagai Trotoar, Bekas Pospol di Jl AM Sangaji Dibongkar

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Bangunan bekas Pos Polisi di Jalan AM Sangaji, Kelurahan Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat yang kondisinya rusak berat akhirnya dibongkar petugas Kecamatan Gambir. Pembongkaran markas polisi itu sekaligus mengembalikan lahan kepada fungsi sebenarnya yaitu trotoar.

Camat Gambir, Fauzi mengatakan,  pembongkaran bangunan bekas Pospol dilakukan setelah markas pospol yang baru dipindah di sebelahnya yang merupakan lahan aset Pemprov DKI. Adapun pospol lama tersebut sebelumnya rusak berat akibat dirusak sekelompok oknum pengunjuk rasa UU Hak Cipta pada Desember 2020. “Jadi, pembongkaran ini untuk mengembalikan fungsi semula yaitu trotoar untuk pejalan kaki,” ujar Fauzi,  Rabu (28/4).

Menurutnya pembongkaran bangunan pospol ini juga menindaklanjuti keluhan warga, khususnya para pejalan kaki yang merasa terganggu oleh keberadaan bangunan tersebut. Untuk itu, Walikota Jakarta Puaat berkordinasi dengan Polres Metro Jakarta Pusat untuk memindahkan pospol tersebut. Daripada dibangun ulang di tempat lama yang tidak sesuai peruntukan, lebih baik membangun baru di atas lahan milik Pemprov DKI.

Kepala Satpel Bina Marga Kecamatan Gambir, Guruh W Pramuyudha menjelaskan, pasca pembongkaran bangunan pospol di atas pedestrian (trotoar) di Jalan AM Sangaji, pihaknya langsung mengambil langkah menyambungkan trotoar yang terputus tersebut. Selain menyambung trotoar, petugas  juga memasang ubin pemandu atau guidance block untuk penyandang disabilitas.

“Trotoar yang terputus panjangnya 8,5 meter dan lebar 6 meter, penyambungan sarana pejalan kaki dikerjakan selama empat hari dengan menerjunkan 10 petugas,” jelasnya.

Setelah dikerjakan dengan seksama, kondisi trotoar di kawasan tersebut menjadi lebih rapi dan nyaman. Warga pejalan kaki kini tidak lagi berjalan di badan jalan karena trotoar sudah bisa dilewati tanpa ada gangguan bangunan maupun lapak pedagang kaki lima. (joko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *