Pengamat Intelijen Yakin BIN, TNI dan Polri Akan Tumpas Kelompok Teroris dan Separatis

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Kontak tembak antara Satuan Tugas Badan Intelijen Negara (Satgas BIN) dengan Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) menyebabkan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen I Gusti Putu (IGP) Danny Nugraha Karya gugur di tempat pada Minggu (25/4/2021) sekitar pukul 15.50 WIT.

Menanggapi hal itu, Pengamat Intelijen dan Terorisme Universitas Indonesia (UI) Stanislaus Riyanta mengatakan, kehadiran BIN di daerah rawan menunjukkan BIN sangat serius dalam menjalankan tugas deteksi dini cegah dini ancaman.

“Terutama ancaman dari kelompok separatis teroris Papua, kehadiran Kepala BIN Daerah Papua ke lokasi tersebut, yang notabene daerah sangat rawan, menunjukkan keseriusan BIN dalam melaksanakan tugas. Meskipun perwira tinggi terbaiknya gugur tertembak oleh kelompok separatis teroris, saya yakin BIN, TNI, dan Polri tetap akan menumpas kelompok teroris separatis tersebut,” kata Stanislaus Riyanta dalam keterangannya, Rabu (28/04/2021).

Selain itu, Stanislaus meminta saatnya pemerintah tegas menumpas Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) atau disebut kelompok separatis teroris Papua.

“TNI Polri, dan BIN, dengan perannya masing-masing harus didukung untuk melakukan penumpasan kelompok separatis teroris Papua,” ujar Stanislaus.

Ia berharap secara paralel pemerintah tetap melakukan pendekatan dan menunjukkan kehadirannya kepada masyarakat.

“Membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sehingga kepercayaan masyarakat kepada pemerintah meningkat dan tidak celah bagi kelompok separatis untuk mempengaruhi masyarakat,” pungkas Stanislaus Riyanta. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *