Ditpolairud Polda Jatim Larang Nelayan Sewakan Kapal untuk Mudik Lebaran 1442 H

HEADLINE NUSANTARA

JAKARTANEWS.ID – SURABAYA: Dirpolairud Polda Jatim Kombes Pol Arnapi mengatakan pihaknya melarang nelayan untuk menyewakan kapalnya untuk melayani masyarakat yang akan melakukan mudik lewat jalur laut. Larangan tersebut dikeluarkan untuk menjalankan larangan mudik 2021 dari pemerintah sebagai upaya memutus pandemi Covid-19.

“Saya perintahkan seluruh jajaran yang ada Satpolair-nya di polres-polres untuk mendatangi pemilik kapal dan para nelayan, sekiranya pada tanggal 6 hingga 17 Mei itu ada yang menyewa agar tidak dilayani,” terangnya di Surabaya, Kamis (29/4/2021).

Mantan kapolres Pelabuhan tanjong Perak ini mengatakan selain mengeluarkan himbauan, pihaknya juga telah memperketat pengawasan. “ Saya minta agar Syahbandar tak memberikan izin berlayar pada kapal saat larangan mudik 6 hingga 17 Mei 2021. Kecuali kapal-kapal yang mengangkut logistic yang mendesak seperti yang ditentukan pemerintah dan satgas,”jelasnya.

Ditambahkan oleh Arnapi, ada beberapa daerah yang menjadi perhatian untuk dilakukan pengetatan antara lain Jember, Probolinggo, jalur ke arah Situbondo dan ke arah Madura.

“Biasanya diwilayah-wilayah tersebut sering digunakan nelayan untuk melayani masyarakat mudik lewat jalur laut saat idul adha,” tandasnya. (Yudhie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *