Kurangi Impor, Menteri Trenggono Ajak Pembudidaya Milenial Kembangkan Pakan Mandiri

EKBIS HEADLINE

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengajak para pembudidaya milenial untuk dapat ikut mengembangkan pakan mandiri yang berkualitas karena salah satu persoalan terkait bahan baku pakan adalah ketergantungan kepada impor.

“Salah satu yang bisa dikembangkan oleh pembudidaya milenial adalah pakan mandiri yang berkualitas. Persoalan yang dihadapi selama ini adalah bahan baku pakan yang masih bergantung pada impor,” kata Sakti Wahyu Trenggono di Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Menteri menyampaikan hal tersebut saat mengunjungi kalangan milenial lulusan perguruan tinggi sejumlah kampus terkemuka, yang sedang menjalani pendidikan sebagai teknisi tambak milenial di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, 29 April.

Trenggono percaya bahwa milenial memiliki kreativitas yang tinggi, sehingga mereka dapat berkontribusi melalui riset-riset ilmiah untuk menghadirkan pakan alternatif, yang nantinya bisa membantu para pembudidaya dalam memenuhi kebutuhan pakan.

Seperti diketahui, dalam rangka mendorong milenial terjun di bidang budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan program tambak udang milenial (millenial shrimp farming). Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara merupakan UPT KKP yang mengimplementasikan program ini dengan membangun tambak udang milenial percontohan.
Terdapat 29 unit kolam berdiameter 20 meter di area balai. Tambak-tambak ini bahkan sudah berhasil panen, di mana panen parsial pertama dilakukan awal bulan April 2021 ini. Hasilnya mencapai 4 ton udang vaname.

Kepala BBPBAP Jepara, Sugeng Raharjo menyampaikan beberapa inovasi yang telah dilakukan di tambak milenial Jepara, di antaranya kolam tambak milenial didesain dengan sistem otomatis, mulai dari pemberian dengan sistem automatic feeder, alat kincir yang bisa dikontrol dari jauh, pemantauan kualitas air juga telah menggunakan alat sehingga bisa dikontrol dari jauh, serta pengamatan kolam juga sudah menggunakan CCTV. (yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *