Jelang Idul Fitri 1442 H, Tiga  Pilar Jakarta Pusat Gelar Pendisiplinan Prokes Covid-19

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Dengan kebiasaan masyarakat Indonesia khususnya di DKI Jakarta dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H berbelanja baju lebaran di Pasar-pasar, terutama Pasar Tanah Abang perlu dilakukan pendisiplinan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan ketat agar penyebaran virus corona dapat ditekan terutama menjalang Idul Fitri 1442 H dan adanya larangan mudik.

Dalam rangka mencegah penularan Covid-19 terhadap masyarakat DKI Jakarta dalam mengunjungi pasar tradisional teruma di pasar Tanah Abang, Tiga Pilar DKI Jakarta melaksakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan menggelar Apel Gabungan bertempat di Silang Monas-Jakarta Pusat, Minggu (2/4/2021)

“Mengingat ramainya masyarakat berkunjung ke Pasar Tanah Abang di beberapa hari terakhir ini diperkirakan lebih dari 200 % dari biasanya 50 %, sehingga untuk menekan potensi penularan Covid-19 maka dilakukan Pendisiplinan Prokes Covid-19 dengan melibatkan Tiga Pilar DKI Jakarta (Kodam Jaya, Polda Metro Jaya dan Satpol PP) dengan meringkas 20 pintu masuk seluh blok Pasar Tanah,” ujar Sekda DKI Jakarta Bapak Marulla Matali

Sementara itu, Kapolres Jakarta Pusat Kompol Hengki Haryadi menyampaikan perlu segera dilakukan penegakan disiplin Prokes Covid-19 pada PPKM Mikro.

“Sehingga masyarakat yang terpapar Covid-19 di DKI Jakarta yang sudah turun dapat dipertahankan dengan melakukan patroli bersama oleh Tiga Pilar DKI Jakarta baik di lingkungan masyarakat, sentra ekonomi, transportasi umum dan khususnya di Pasar Tanah Abang,” ujarnya.

Ia mengatakan, di Pasar Tanah Abang terdapat 20 pintu akses masuk dan beberapa hari terakhir ini disinyalir terjadinya kerumuman masyarakat sehingga harus dilakukan pendisiplin prokes Covid-19 terhadap pengunjung dan pedagang.

“Dengan adanya penerapan disiplin oleh Tiga Pilar ini diharapkan pengunjung dan pedagang tetap melaksanakan Prokes Covid-19, apalagi menjelang dan menyambut lebaran tahun ini, dimana ada larangan masyarakat mudik karena saat ini masih Pandemi, hal itu mencegah terpaparnya masyarakat terhadap Covid-19,” jelas Kapolres Jakpus

Dalam kesempatan yang sama Dandim 0501/JP Kolonel Inf Luqman Arif mengatakan, Kesehatan masyarakat lebih diutamakan agar apa yang sudah kita lakukan dalam mencegah penularan Covid-19 terhadap masyarakat khususnya di DKI Jakarta jangan sampai sia-sia karena ketidak disiplinan masyarakat terutama berbelanja di sentra ekonomi terutama Pasar Tanah Abang.

Asops Kasdam Jaya Kolonel Inf Dodi pada sambutannya menekankan kepada peserta Apel Gabungan dalam melaksanakan penegakan disiplin Prokes Covid-19 yang akan dilaksanakan di Pasar Tanah Abang dan sekitar Thamrin City, harus mengedepankan humanis namun tetap tegas dalam penegakannya.

“Saya minta kepada seluruh personel Tiga Pilar yang melakukan tugas pendisiplinan Prokes Covid-19 di Tanah Abang dan sekitar Thamrin City, jangan ragu-ragu dalam melaksakan tugasnya, tetap mengedepankan humanis namun juga harus tegas, sehingga tujuan kita menekan penularan Covid-19 terhadap masyarakat khususnya DKI Jakarta dapat terwujud”, tegas Asops.

Lebih lanjut Asops Kasdam Jaya menyampaikan masyarakat silahkan berbelanja tapi saya menghimbau agar masyarakat harus tetap menerapkan Prokes dengan melaksanakan 3 M, yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan.

Tampak hadir pada Apel Gabungan, Sekda DKI Jakarta, Asops Kasdam Jaya Kolonel Inf Dodi, Dandim 0501/JP BS Kolonel Inf Luqman Arif, Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi, Kasatpol PP DKI Jakarta Bpk. Arifin serta 750 orang pasukan gabungan Tiga Pilar. (Amin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *