Sudin Dukcapil Jakpus Terbitkan 29.553 Lembar e-KTP Selama Triwulan Pertama 2021

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat telah mencetak KTP Elektronik (e-KTP) sebanyak 29.553 lembar. Penerbitan kartu identitas tersebut dilakukan selama periode triwulan pertama tahun 2021 mulai dari Januari sampai Maret. 

Adapun e-KTP yang diterbitkan untuk pelayanan masyarakat terdiri dari berbagai permohonan seperti permohonan baru bagi pemula maupun mengganti KTP lama yang rusak ataupun hilang. Cukup banyak warga yang mengalami kehilangan atau kerusakan e-KTP yang disebabkan kasus pencurian, kecopetan, kebakaran, banjir,  dan lainnya.

Plt Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Pusat, Fredy Prasetia mengatakan, pencetakan 29.553 e-KTP terdiri dari pencetakan pemilik KTP Pemula, KTP hilang, rusak, cetak KTP WNA, retur dan lain sebagainya. “Pencetakan ini kami lakukan untuk memberi kemudahan dan percepatan bagi warga masyarakat, serta pemenuhan pelayanan administrasi kependudukan bagi warga yang wajib rekam atau pemilik KTP,” ujar Fredy, Selasa (4/5).

Fredy merinci dari 29.553 e-KTP yang dicetak periode Januari hingga Maret 2021 yakni bulan Januari sebanyak 9.782 lembar, Februari 8.988 lebar dan Maret 10.783 lembar. Adapun selama triwulan pertama, pihaknya juga telah melakukan 5.745 perekaman e-KTP dengan rincian sebagai berikut bulan Januari 1,573, Februari 1.386 dan Maret 2.786 data.

Fredy mengimbau, kepada warga masyarakat yang sudah memasuki usia 17 tahun agar segera melakukan perekaman data e-KTP  ke kantor  kelurahan terdekat. Kalau blangkonya sudah ada, pasti akan dicetak secepatnya. “Tapi kalau kartunya habis ya terpaksa dicetak pada kesempatan berikutnya,” kata Fredy. (joko)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *