Warga Berusia 16 Tahun ke Atas Diimbau Melakukan Perekaman E-KTP di Kelurahan

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Satuan Pelaksana (Satpel) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kelurahan Mangga Dua Selatan mengimbau kepada warga yang telah berusia 17 tahun untuk melakukan perekaman e-KTP. Pengurus RT/RW juga diminta untuk membantu kelancarannya dengan mendatangi rumah-rumah warga yang duduk di bangku SMA. 

“Kami sudah menyebar undangan ke RT dan RW untuk mengingatkan pelajar yang memasuki usia wajib memiliki KTP, agar melakukan perekaman KTP-elektronik di kantor kelurahan,” ujar Kepala Satpel Dukcapil Mangga Dua Selatan, Chaerudin Zuhri, Kamis (3/6). Sasarannya adalah para remaja yang berusia antara 16 dan 17 tahun. Kalaupun ada warga yang usianya sudah di atas 17 tahun tapi belum punya KTP,  juga agar melakukan perekaman data sekaligus penerbitan KTP baru.

Untuk mempermudah layanan perekaman e-KTP petugas bekerjasama dengan RT/RW menyebar undangan  untuk pelajar atau warga yang memasuki usia wajib memliki KTP. “Kami koordinasi dengan RT dan RW se-Kelurahan Mangga Dua Selatan, agar warga pemula yang memasuki usia 16 tahun ke atas untuk melakukan perekaman yang akan mendapatkan KTP elektronik,” kata Heru.

Chaerudin menuturkan, pihaknya juga mempermudah layanan bagi pelajar yang berdomisili di luar wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat, bisa melakukan perekaman KTP elektronik di sini. “Tapi syaratnya mereka itu sekolahnya berdomisili di wilayah Mangga Dua Selatan,” jelas Chaeridin.

Sebelum pandemi Covid-19, pihaknya bekerjasama dengan kepala Sekolah SMA/SMK untuk melakukan perekaman KTP elektronik, namun selama pandemi   untuk sementara ditiadakan karena mengingat para pelajar belajar di rumah.

Berdasarkan data yang ada di Satpel Dukcapil Kelurahan Mangga Dua Selatan, dari Januari hingga akhir Mei warga yang dikatagorikan pelajar yang memasuki usia 16 ke atas sebanyak 393 orang, sedangkan yang sudah datang ke kelurahan untuk melakukan perekaman sebanyak 96 orang. “Sedangkan sisanya yang belum melakukan perekaman sebanyak 296 orang,” ucapnya.

Ia mengimbau bagi warga kelurahan Mangga Dua Selatan yang telah memasuki usia 16 tahun ke atas agar segera datang kelurahan untuk melakukan perekaman KTP elektronik. “Pelayanan ini gratis, tanpa biaya sepeser pun,” tandasnya. (joko)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *