Kopitu Audiensi ke Wamendag, Hal Inilah yang Dibicarakan

EKBIS HEADLINE

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Ketua Umum Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (Kopitu) Yoyok Pitoyo dan Pengurus Pusat Kopitu beraudiensi ke Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Selasa 8 Juni 2021.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat, Ketua Umum Kopitu Yoyok Pitoyo menyampaikan beberapa hal penting terkait masalah eksport komoditi khususnya tanaman Porang yang sedang menjadi idola petani di Indonesia.

Menurut Yoyok Pitoyo, persoalan yg dihadapi adalah terkait masalah HS Code atau nomen klatur klasifikasi barang yang digunakan secara seragam di seluruh dunia.

“Belum adanya HS Code untuk tanaman Porang ini maka kami meminta dukungan Kemendag melalui Wamendag Pak Jerry Sambuaga untuk melakukan negosiasi ke WCO agar segera mengeluarkan HS Code Porang,” ujar Yoyok Pitoyo.

Disamping itu diharapkan agar Kemendag melalukan terobosan untuk mencari solusi eksport dengan memediasi pertemuan FGD antara Kopitu, Kemendag, Kementan dan Kemenperin serta KBRI Beijing dan importir Porang.

“Tujuan FGD ini agar sudah mulai dibuka kran eksport Porang ke China yang selama ini sempat terhenti sementara,” jelas Pitoyo.

Menanggapi permintaan Kopitu Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti usulan Kopitu dalam waktu dekat secara lintas sektoral.

“Ini masukan yang penting dan akan segera kami tindaklanjuti,” ujar Jerry Sambuaga.

Lanjut Jerry, karena masalah Porang menjadi salah satu komoditi super prioritas ekspor, sehingga perlu perhatian khusus dari Kemendag. (Aloy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *