Rachmat Gobel Ingin Wartawan Berperan Besar Dalam Situasi Pandemi Covid-19

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – TANGSEL: Saya ingin mengajak semua lapisan masyarakat terutama dari kalangan media massa untuk berpartisipasi dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini, sehingga tidak hanya DPR RI dan saja yang mengambil peranan.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel saat memberi sambutan dalam acara Forum Komunikasi dan sosialisasi Kinerja DPR RI di International Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten.

Rachmat pun menjelaskan, hal tersebut perlu dilakukan karena baik DPR RI maupun para wartawan harus bersatu bagaimana kita bisa bersama-sama bekerja, untuk bisa, membantu pemerintah agar dapat menangani kasus pandemi Covid-19, baik berupa pemikiran ataupun apa saja.

“Sehingga bisa sempurnalah dan mungkin kalau kita bisa melakukan satu sinergitas yang lebih baik ini akan lebih cepat untuk kita semuanya,” terang politisi Partai Nasdem ini.

Rachmat mengungkapkan, dalam pandemi Covid ini banyak sekali hoax di tengah masyarakat.

“Kita semua tidak tahu dan masyarakat pun semuanya tidak paham, mana berita yang benar dan mana berita yang tidak benar,” ungkap Rachmat.

Oleh karenanya, lanjut Rachmat, wartawan punya posisi yang sangat penting sebagai penulis draf sejarah.

“Karena itu profesi bapak-bapak dan ibu-ibu adalah profesi yang sangat mulia, apalagi wartawan itu bukan profesi yang sembarangan digeluti oleh semua orang, karena punya skill sendiri untuk bisa menjadi wartawan profesional dan ini butuh pra syarat manusia-manusia dengan kualitas tertentu pastinya, seperti ketekunan kejujuran dan wawasan luas, objektif, dan memahami metode berpikir ilmiyah dan tentu nya pula adalah perbuatan,” papar Rachmat.

Rachmat menekankan, pers memiliki posisi sangat penting dalam masyarakat modern.

“Pers adalah anak kandung peradaban modern dan tidak mungkin satu individu bisa berkomunikasikan pikirannya secara tradisional,” terang anggota Komisi V DPR RI ini

Rachmat berpendapat, perantara pers yang menjadi wahana penyampaian pesan secara masif tentunya dibarengi keragaman kepentingan dan kompleksitas sosial.

“Maka untuk menjalankan fungsinya dengan tepat dan benar maka pers harus diberi kebebasan dan kemerdekaan agar pers bisa independen,” tegas Rachmat.

Lebih lanjut, legislator asal Dapil Gorontalo ini berharap, peran pers dapat lebih besar lagi di masa pandemi Covid-19, terutama dalam melaporkan segala informasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya.

“Tentu saat ini yang kita rasakan tentu bagaimana pers yang khususnya di kalangan DPR RI ini betul-betul bisa mengangkat semua informasi dan menyampaikan kepada masyarakat itu sendiri,” pungkas Rachmat Gobel. (Daniel)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *