Jaksa Agung: Kejaksaan Harus Tampil Sebagai Aktor Intelektual

HEADLINE HUKRIM

Menyeimbangkan Neraca Keadilan

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Jaksa Agung ST. Burhanuddin minta Jajarannya tidak semata berorientasi pada kepastian dan keadilan pada penegakan hukum, tapi harus mampu memberikan kemanfaatan hukum bagi masyarakat. 

“Dalam perkembangannya, kemanfaatan penegakan hukum sangatlah dibutuhkan dalam proses pembangunan dalam menciptakan kondisi yang mendukung dan mengamankan pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur,” katanya.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA)  ke-61, di Gedung Menara Kartika Adhyaksa,  Kompleks Kejaksaan Agung, Kamis (22/7).

Upacara HBA dihadiri Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi,  Para Jaksa Agung Muda, dan Kepala Badan Pendidikan dan latihan. Serta Para Pejabat Eselin Dua dan Tiga Kejagung serta Para Kajati, Para Kajari dan Kacabjari se-Indonesia secara Virtual.

Pada kesempatan terpisah, Ketua DPR Puan Maharani mengapresiasi kinerja Kejaksaan dalam penanganan korupsi.

“Ibarat dalam perang,  Kejaksaan tampil sebagai Panglima,  ” pujinya dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi Jakartanews. Id.

AKTOR INTELEKTUAL

Menurut Burhanuddin, pembangunan ekonomi akan kokoh, bila ditopang oleh hukum yang kuat.

“Kejaksaan sebagai institusi penegak hukum harus dapat memegang peranan sebagai AKTOR INTELEKTUAL yang mampu menyeimbangkan neraca keadilan yang tersirat dengan kepastian hukum yang tersurat, “pintanya.

Dengan dijalankan peran demikian, maka proses penegakan hukum yang dilakukan akan mampu memberikan kemanfaatan pada setiap proses pembangunan.

“Dalam arti lain, proses penegakan hukum haruslah seiring dan tidak boleh menghambat jalannya pembangunan dan roda perekonomian,” ingatkannya.

TEROBOSAN

Dalam kondisi Covid-19 saat ini, akui Burhanuddin perekonomian negara sedang terpukul dan memerlukan banyak sumber daya ekonomi.

“Oleh karena itu, melalui kewenangan yang dimiliki, harus mampu membuat berbagai macam karya, terobosan, dan inovasi yang dapat mendukung penguatan ekonomi nasional.”

Selain itu,  tambah Jaksa Agung harus memiliki inisiatif untuk mendampingi dan mengamankan setiap program pemerintah dalam proses pembangunan dan pemulihan ekonomi nasional.

“Tentunya,   memperbanyak dan mengoptimalkan upaya pemulihan, pengembalian, dan penyelamatan keuangan negara.”

Terkait penangan Virus Covid/19, dia mengatakan adalah keharusan bagi warga Kejaksaan untuk peduli serta inisiatif untuk terlibat bersama institusi lain dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19.

“Saya minta segenap jajaran Kejaksaan,  mengerahkan segala sumber daya dan kewenangan guna mengamankan serta menjaga ketersediaan dan kestabilan harga obat, alat kesehatan, dan oksigen medis yang saat ini sangat dibutuhkan oleh rakyat,” perintahnya. (ahi)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *