Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia Akan Melakukan Pemilihan Koordinator Baru

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA:  Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) sedang menyelenggarakan Pemilihan Raya (Pemira) untuk mencari sosok koordinator yang akan menahkodai organisasi pelajar Indonesia terbesar di luar negeri. Puncaknya akan diadakan pemilihan langsung pada tanggal 30 Juli 2021 dengan system ‘one nation one vote’. Ada 60 PPI Negara dari 3 kawasan Asia-Oseania, Amerika-Eropa dan Timur Tengah-Afrika yang diperebutkan suaranya oleh para kandidat.

Tim sukses Faruq dari PPI Negara di Kawasan Amerika-Eropa memandang visi-misi dan program yang ditawarkan calon nomor urut 01 memiliki keseimbangan dan keberlanjutan dalam konteks pembangunan nasional jangka menengah dan panjang. Hal ini dapat terlihat dari program unggulan high-five yang digagas oleh Faruq Ibnul Haqi akan diselaraskan dengan misi pembangunan nasional Indonesia. Salah satunya yaitu program unggulan kedua dalam cakupan Organization and Human Capital Development ditargetkan sejalan dengan misi Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila, pungkasnya.

“Visi-misi Faruq memiliki konsistensi dan stabil untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia Emas 2045. Secara sistemik, program yang ditawarkan dapat menjaga keseimbangan dan keberlanjutan di PPI Dunia. Hal ini dikarenakan dalam implementasi ide dan gagasan dalam programnya, Faruq akan berkolaborasi dan bersinergi dengan unsur pentahelix,” ujar mahasiswa doctoral kepada wartawan di Jakarta, Kamis (22/7).

Secara terpisah, pengamatan salah satu Ketua PPI Negara di Kawasan Asia-Oseania yang sudah beberapa kali mengikuti kongres PPI Dunia, menuturkan bahwa sudah saatnya para kandidat mampu menjabarkan visi-misi dan program yang ditawarkannya secara kongkret dan taktis. Debat resmi yang kedua segera dimulai dalam waktu dekat, sudah sepantasnya mereka (para kandidat) men-deliver dan menjawab apa aspirasi dari PPI Negara. “Jangan sampai ada visi-misi yang berlebihan dan tidak realistis. Terlebih kondisi masih dalam suasana pandemic yang tidak bisa diprediksi,” ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, menurutnya calon koordinator nomor urut 01 telah mendeskripsikan secara jelas visi-misi dan program yang ditawarkan untuk ke depannya. Ini dapat dilihat dari penjelasan video dan infografis yang disajikan oleh Faruq dalam kampanyenya di akun social medianya. Program unggulan high-five dalam implementasinya akan menggunakan pendekatan Sustainable Development Goals (SDGs) dan berkolaborasi dengan unsur pentahelix. Ini gagasan yang sangat menarik dan akan membawa PPI Dunia lebih bermanfaat untuk masyarakat, pungkasnya.

Calon Koordinator PPI Dunia nomor urut 01 Faruq Ibnul Haqi dari PPI Australia  saat ini adalah wakil koordinator PPI Dunia Kawasan Asia Oseania. Inilah yang mendasari para ketua PPI Negara menjagokan Faruq untuk menjadi lokomotif di PPI Dunia.

Dalam konteks Pemilihan Raya (Pemira) PPI Dunia saat ini, calon koordinator PPI Dunia punya kesempatan  besar untuk mendapatkan suara terbanyak dalam pemira kali ini. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Instagram Badan Adhoc sebagai penyelenggara Pemira, susunan tim sukses Faruq yang lebih heterogen dengan melibatkan semua level mahasiswa dari bachelor, master dan doctoral. Semangat inklusivitas di PPI Dunia sudah terlihat dari susunan tim ini, dan ini (inkulsif) adalah komitmen yang digaungkan oleh Faruq ke depannya. (joko)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *