PLN Suplai Listrik dan Pasang UPS di Rumah Oksigen Jaktim

EKBIS HEADLINE

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: PT PLN (Persero) memberikan dukungan suplai listrik ke Rumah Oksigen Gotong Royong Jakarta Timur (Jaktim) yang akan dijadikan tempat perawatan pasien Covid-19 bergejala sedang dan membutuhkan oksigen. Suplai listrik yang diberikan yaitu sebesar 555.000 Volt Ampere (VA) dan berasal dari 2 sumber, berfungsi sebagai sumber utama dan cadangan. PLN juga memperkuat keandalan pasokan listrik di sana dengan memasang Uninterrupted Power Supply (UPS) sebesar 100.000 VA.
Dalam waktu hanya 3 hari PLN telah menyelesaikan pemasangan instalasi listrik yang menjadi wewenang PLN. Pekerjaan teknis yang dilakukan antara lain memasang perangkat jaringan listrik, menarik kabel, memasang unit gardu bergerak, serta memasang UPS.
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan, menyatakan dukungan PLN terhadap Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan kontribusi PLN untuk turut membantu penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia, tentunya sesuai tugas PLN dalam memenuhi keandalan dan kecukupan tenaga listrik. Rumah Oksigen merupakan inisiasi dari GoTo dan melibatkan beberapa institusi dalam kerjasamanya termasuk PLN.
“Kami merasa terpanggil untuk turut berkontribusi dalam Rumah Oksigen Gotong Royong, tidak hanya suatu bentuk tugas melistriki, tapi juga kemanusiaan,” ujar Doddy di Jakarta, Kamis (29/7/2021).
Beberapa waktu lalu, Doddy sempat meninjau langsung pelaksanaan pemasangan instalasi listrik PLN di lokasi. Doddy melakukan koordinasi dengan pelaksana pembangunan sekaligus menyampaikan kesiapan apabila PLN dibutuhkan untuk konsultasi terkait jaringan listrik yang ada di Rumah Oksigen.
Saat itu, Doddy berkoordinasi dengan PT Tripatra Engineerss and Construction sebagai pelaksana konstruksi Rumah Oksigen Gotong Royong Jakarta Timur. Joko Herlambang, Project Execution PT Tripatra Engineerss and Construction menyampaikan terima kasih kepada PLN atas kecepatan penyediaan listrik sehingga misi kemanusiaan untuk menyediakan Rumah Oksigen bagi pasien Covid-19 bisa dilaksanakan sesuai yang diinginkan.
“Semoga ini (Rumah Oksigen) menjadikan sesuatu yang baik, contoh yang baik, kolaborasi semua pihak dalam rangka misi kemanusiaan membantu memerangi pandemi Covid-19,” tutup Joko.
PLN total mendukung keandalan dan kecukupan listrik obyek vital pengendalian Covid-19. Tempat vital tersebut antara lain rumah sakit, tempat isolasi, rumah sakit daruat, tempat vaksin massal, tempat menginap tenaga kesehatan, pabrik oksigen, sampai rumah oksigen seperti saat ini.
Siaga kelistrikan untuk mendukung lancarnya pasokan listrik ke Rumah Oksigen maupun obyek vital penanganan Pandemi Covid-19 lainnya antara lain standby petugas 24 jam, inspeksi rutin ke perangkat listrik PLN, serta patroli jaringan tegangan menengah. (yok)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *