Ichsan Wiro Sableng, Berawal dari Warung Seafood Kaki Lima Kini Menjadi Resto Bintang Lima

ADVETORIAL HEADLINE

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Ichsan Wiro Sableng adalah seorang spesialis seafood yang berhasil mewujudkan mimpi dari pedagang kaki lima menjadi pengusaha restoran kelas bintang lima dengan aset mencapai ratusan miliar rupiah. Kisah sukses  lelaki asal Lamongan, Jawa Timur, ini patut diteladani  dan ‘wajib’ menjadi inspirasi bagi siapa saja, terutama rakyat kecil yang mempunyai mimpi besar. 

Kesuksesan Ichsan berawal dari kenekadannya berhijrah ke Jakarta pada saat dia berusia 16 tahun dan hanya bermodal ijazah SMP plus uang Rp 2 juta.  Dia tinggal di rumah bedeng, dekat rawa di kawasan Kelapa Gading.  “Pada tahun 1995 saya mulai buka warung seafood pakai gerobak di pinggir Jalan Boulevard Raya, namanya Seafood 212 Wiro Sableng,” ujar Ichsan di Resto Wiro Sableng Garden di Jl. Boulevard Raya,  Kelapa Gading, Jakarta Utara,  Jumat (10/9). Keahliannya meracik bumbu dan mengolah masakan laut, membuat warungnya banyak didatangi pelanggan dan laris manis. Untuk menjalankan usaha kuliner kelas kaki lima itu, Ichsan dibantu dua kenek.

Di tengah waktu luang, ‘arek Jawa Timur’ ini melanjutkan sekolah di Kelompok Belajar (Kejar)  Paket C setara SMA hingga lulus.  Selain itu, dia sambil terus berusaha meracik berbagai menu masakan yang lezat. Usahanya pun cepat maju sehingga dalam kurun waktu lima tahun atau tahun 2000, dia memberanikan diri menyewa ruko tak jauh dari warungnya, nama restorannya juga 212 Wiro Sableng. Sejak usahanya naik kelas,  pelanggan pun makin banyak dan dia mulai menambah pegawai hingga puluhan orang.

Ichsan yang tumbuh makin dewasa kemudian mempersunting gadis Betawi yang di kemudian hari dikarunia tiga anak. Ichsan yang sangat ulet dan berani mengambil risiko dalam usahanya ini, di antaranya pinjam modal besar di bank, dan sebagainya membuat bendera Wiro Sableng makin berkibar. Restoran ini makin terkenal dan pelanggannya meluas di kalangan menengah atas, termasuk kalangan pejabat, pengusaha, dan selebriti.

Menjelang adanya pandemi Covid-19 dia memberanikan diri membeli gedung di seberang restoran miliknya yang sama-sama di Jl. Boulevard Raya. Di atas lahan 1.000 M2 ini,  penggemar tokoh Wiro Sableng 212 mendirikan resto keduanya dengan nama Seafood Wiro Sableng Garden.  Di dalam gedung enam lantai ini menghadirkan resto sekelas hotel bintang lima. Di lantai dasar juga terdapat hall serbaguna yang disewakan untuk hajatan pernikahan dan pesta lainnya. “Kalau situasi sudah bebas dari Covid,  kapasitas sekitar 300 orang. Untuk pesta nikah tidak perlu bayar sewa hall, cukup bayar makanan saja dengan harga paket mulai dari Rp 50 juta,” papar ayah tiga anak yang masing-masing kuliah di Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada,  dan Universitas Bina Nusantara.

Di sebelah gedung tersebut, dia juga telah menyiapkan lahan 700 M2 untuk pengembangan bisnis tahap berikutnya. Harga pasar tanah di lokasi strategis tersebut sekitar Rp 100 juta per M2. Jadi aset lahan Wiro Sableng seluas ribuan meter, harganya mencapai ratusan miliar rupiah. Adapun jumlah karyawan dari dua resto tersebut sekitar 80 orang.

Resto mewah yang menyediakan ratusan menu makanan dan minuman ini, tiap hari ramai pelanggan. Meski ramai tapi tetap menjaga protokol kesehatan karena tempatnya sangat luas. “Pelanggan bukan hanya dari masyarakat menengah tapi juga kalangan pejabat seperti Presiden Jokowi, Gubernur DKI Anies Baswedan, dan lainnya, serta kaum selebriti papan atas,” jelasnya.  Ichsan juga sering mendapat order kuliner di Istana Presiden di Bogor, termasuk saat Presiden menjamu Raja Salman dari Arab Saudi.

Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyatakan bahwa kisah sukses Ichsan patut diteladani masyarakat untuk berpikir ke depan. “Saya salut dengan keuletan dan kerja kerasnya sehingga usaha maju pesat,” kata Ali saat memantau wilayah didampingi Kasudin Citata,  Kusnadi. Menurutnya keberadaan Wiro Sableng diharapkan bisa menjadi salah satu ikon di Jakarta Utara.  “Tempat ini juga banyak menyerap tenaga kerja, jadi harus didukung,” pungkasnya. (Advetorial/joko) 

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *