Azis Syamsuddin Terseret Kasus Dugaan Korupsi, Golkar Kedepankan Asas Praduga Tak Bersalah

HEADLINE HUKRIM

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Kasus dugaan korupsi yang menyeret Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menuai polemik dari berbagai kalangan.

Meskipun KPK belum menjadikan Azis sebagai tersangka kasus korupsi, namun politisi Partai Golkar tersebut dianggap telah mencoreng citra DPR RI di mata masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Mahkamah Partai Golkar Adies Kadir menyatakan, partainya tetap menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah terhadap Azis Syamsuddin lantaran status yang bersangkutan belum tersangka.

“Ya jadi sekali lagi begini, kita ini masyarakat yang taat hukum tentunya kita menjunjung asas praduga tidak bersalah.

Adies mengatakan, Partai Golkar tetap menghormati hak-hak Azis Syamsuddin sebagai warga negara yang tentunya sama di hadapan hukum.

“Jadi terkait dengan hal yang lainnya tentunya kita akan melihat perkembangan belum ada, jadi kita menghormatilah hak-haknya beliau yang tentunya sama di mata hukum,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini.

Terkait siapa kader Golkar yang akan duduk sebagai Wakil Ketua DPR RI seandainya Azis Syamsuddin dikenai status tersangka oleh KPK, Adies mengaku, dirinya tidak ingin berandai-andai, lantaran Partai Golkar selalu mengedepankan asas praduga tak bersalah.

“Ya jadi begini kami sekali lagi di Golkar kan tidak mau berandai-andai ya, tidak mau berandai-andai. Kita tunggu saja, jadi di mata Partai Golkar itu kan kita selalu menjunjung sesuai dengan asas yang berlaku selama masih belum berkekuatan hukum tetap berarti yang berarti yang bersangkutan dan masih mempunyai hak hukum,” imbuh Adies.

Adies mengungkapkan, hingga saat ini dirinya maupun pimpinan dan kader Partai Golkar lainnya masih tetap berkomunikasi dengan Azis Syamsuddin.

“Komunikasi jalan terus, saya saja masih kontak dengan beliau, tidak ada masalah karena beliau kan Waketum di Partai Golkar. Kami masih berkomunikasi menanyakan beberapa hal-hal terkait dengan urusan-urusan Partai,” ungkap Adies.

Adies pun membenarkan jika saat ini Azis Syamsuddin masih menjalani isolasi mandiri (isoman).

“Terkait hal itu, benar jika Pak Azis, kolega saya saat ini memang sedang melakukan isolasi, setahu saya menurut info yang kami dengar sedang melakukan isoman,” beber Adies.

Sekali lagi, legislator asal Dapil Jatim 1 ini menegaskan, hingga saat ini Azis Syamsuddin masih menjabat sebagai Waketum DPP Partai Golkar dan Wakil Ketua DPR RI.

“Sampai saat ini yang pasti Pak Azis Syamsuddin Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar dan masih sebagai Wakil Ketua DPR RI,” tutup Adies Kadir.

Sementara itu Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengaku belum mengetahui, kebenaran kabar yang menyatakan koleganya sesama pimpinan DPR RI tengah menjalani isoman.

“Saya kurang persis tahu mengenai masalah itu ya dan saya akan cek kembali karena hari-hari kemarin dan hari ini kita masih fokus dengan program legislasi di DPR,” tukas Dasco.

Dasco berjanji dirinya akan mencoba mencari tahu mengenai kebenaran kabar tersebut.

“Saya coba cek, saya juga belum tahu. Nanti saya coba cek, saya juga baru dengar ini. Saya baru datang. Saya coba cek nanti,” pungkas Sufmi Dasco Ahmad. (Daniel)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *