Kalahkan Jabar, Tim Sepak Bola Putri Papua Raih Medali Emas Pon XX

HEADLINE SPORT

JAKARTANEWS.ID – PAPUA: Tim sepak bola putri Papua meraih medali emas PON XX  setelah mengalahkan Jawa Barat 1-0 dalam pertandingan final yang berlangsung di Stadion Katapal, Merauke, Senin, 11 Oktober 2021.

Gol penentu kemenangan diciptakan oleh Liza Armanita Madjar di partai penentuan. Kedua tim bermain terbuka dengan menerapkan sepak bola menyerang. Jawa Barat lebih dulu memberikan ancaman pada menit ke-3 yang berawal dari sepak pojok namun dapat digagalkan kiper Papua Agustina Kwano.

Tim Papua yang bermain di bawah dukungan penuh penonton gantian mengancam gawang Jawa Barat melalui tendangan bebas Emmy Clarce Falentina Awes, tetapi masih dapat diantisipasi kiper Jawa Barat Diyana Herliana.

Jawa Barat kembali menggempur pertahanan Papua melalui Siti Laitpah Nurul Inayah. Namun bola sepakannya masih tinggi di atas mistar gawang Papua

Pada menit ke-18 Jawa Barat kembali berpeluang mencetak gol melalui tendangan bebas pemain bernomor Helsya Maeisyaroh, tetapi tendangannya masih melenceng.

Pertandingan berlangsung dalam tempo cepat dan keras. Beberapa kali wasit harus menghentikan pertandingan karena terjadi pelanggaran yang dilakukan para pemain kedua tim.

Jawa Barat nyaris mencetak gol pada menit ke-45. Jika kiper Papua tidak mampu melakukan penyelamatan dengan tepat, bola sepakan Helsya Maeisyaroh dari luar kotak penalti akan menjadi gol.

Pertandingan babak pertama berakhir imbang tanpa gol meski kedua tim terus bermain menyerang dan saling menekan.

Tim Papua melakukan pergantian dua pemain sekaligus di awal babak kedua. Liza Armanita Madjar dan Yuliana Ongge diturunkan dari bangku cadangan untuk menambah daya serang.

Keputusan memasukkan Liza ternyata berbuah manis. Dia melakukan tembakan dari luar kotak penalti dan tidak mampu ditepis kiper Jawa Barat. Gol yang terjadi pada menit ke-73 mengubah skor menjadi 1-0.

Jawa Barat berusaha mengejar ketertinggalan di sisa waktu babak kedua. Namun, mereka tidak berhasil menciptakan gol balasan. Skor akhir tetap 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Dengan hasil itu, tim sepak bola putri tuan rumah menyabet medali emas PON Papua dan medali perak menjadi milik Jawa Barat. Sementara, medali perunggu diraih Bangka Belitung setelah mengalahkan DKI Jakarta 3-0 di perebutan posisi ketiga. (Amin)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *