Fadel Muhammad: Indonesia Kurang Promosikan Tokoh-tokoh Inspiratif Sebagai Pahlawan

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Bicara mengenai nilai-nilai kepahlawanan tentunya kita mengetahui, seseorang dikatakan pahlawan apalagi disebut pahlawan nasional, maka pasti orang tersebut berprestasi di daerah, di wilayah di mana dia muncul, kemudian disandingkan prestasi-prestasinya di tingkat nasional dan kemudian dianggap membawa nilai-nilai yang bisa menjadi panutan bagi masyarakat.

Demikian disampaikan Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad saat menjadi narasumber Diskusi Empat Pilar MPR RI dengan tema: “Menebar Nilai Kepahlawanan dalam Kontestasi Politik Nasional” di Ruang Diskusi Media Center, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (15/11/2021).

Fadel menyatakan, ada 3 hal yang perlu dipelajari dari mereka. Ketiga hal tersebut sangat menarik dari kriteria yang mereka miliki.

“Pertama, selalu mereka mereka itu memiliki semangat juang yang tinggi, semangat juang yang tidak bisa di putarkan oleh hanya karena sesuatu, hanya karena uang, karena ini, karena itu, semangat juangnya luar biasa. Kedua mereka itu memiliki pengaruh yang sangat besar di lingkungan dimana mereka berada. Ketiga, mereka itu konsisten dalam visi misinya,” urai mantan politisi Partai Golkar ini.

Fadel menyayangkan, saat ini Indonesia kurang mempromosikan tokoh-tokoh bagus ke tingkat nasional meskipun Indonesia sendiri tidak kekurangan para sosok tersebut.

“Apalagi saya melihat bukan kurang atau tetapi kita kurang mempromosikan tokoh-tokoh yang bagus ke tingkat nasional tokoh-tokoh inspiratif masa kini itu, kurang diangkat ke tingkat nasional, sehingga dibutuhkan media untuk memilih, mengangkat tokoh-tokoh inspiratif tersebut ke tingkat nasional,” jelas Fadel.

Untuk itu, mantan Gubernur Gorontalo ini menyarankan, sebaiknya parpol-parpol juga memberi kesempatan untuk mengadakan kontestasi politik.

“Hal itu dapat dilakukan dengan menggali dan melihat tokoh-tokoh orang-orang jiwa pahlawan, jiwa spirit, dan jiwa motivasi yang tinggi untuk muncul ke permukaan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pilihan lebih banyak,” terang Fadel.

Fadel mengatakan, dibutuhkan para insan pers dan media seperti yang bisa mengangkat dan memilih orang-orang inspiratif untuk kemudian menjadi tokoh di tingkat nasional.

“Kita butuh pemimpin-pemimpin lebih banyak, kita butuh kontestasi yang dikatakan dam kita bisa memilih dan pilihan pilihan kita, tokoh-tokoh yang bagus, siapa dan bagaimana, sehingga kita bisa mendapatkan tokoh yang lebih bagus,” tutur Fadel.

“Yang paling inti dari semuanya ini adalah betul, spirit, semagat kepahlawanan itu yang kita butuhkan untuk kita bawa ke tingkat nasional dan kita jadikan calon kontestasi pada masa yang akan datang,” pungkas Fadel Muhammad. (Daniel)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *