Terima Aliran Uang PT. Palsin, Majidah Baharuddin Dicecar Kejagung

HEADLINE HUKRIM

Istri 4 Tersangka Bergiliran Diperiksa

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA:  Dra. Majidah Baharuddin, notabene istri tersangka kasus PD. PDE Sumsel Ahmad Yaniarsyah Hasan diperiksa untuk ketiga kalinya oleh Kejaksaan Agung.

Kendati demikian, status Majidah masih berstatus saksi dan belum diajukan pencegahan ke luar negeri.

“(Kali ini) diperiksa terkait penerimaan dana pada rekeningnya yang berasal dari rekening atas nama PT. Palsin,” jelas Kapuspenkum Leonard EE. Simanjuntak, di Kejaksaan Agung, Kamis (25/11) malam.

Sebelumnya, Majidah diperiksa pertama kali, Selasa (26/10) dan kedua Jumat (12/11) terkait transaksi aliran uang tersangka Ahmad Y. Hasan.

Dalam keterangannya, Leonard tidak menjelaskan besaran uang yang ditransfer oleh PT. Palsin (Anugerah Adil, Red) serta kepentingannya.

Juga, tidak dijelaskan status PT. Palsin sebagai Rekanan PD. PDE Sumsel dan atau PT. PDPDE Gas?

Pemeriksaan terhadap Majidah dilakukan usai Kejagung memeriksa Direktur PT. Palsin inisial I (Ivo ?) dan Staf PT. Palsin HY, Kamis (19/11).

Di PT. Palsin Anugerah Adil, Ahmad Y. Hasan sempat menjabat Direktur. Palsin adalah salah satu pemegang saham PT. Mitra  Energi Persada yang dikomandani Ivo Sebastian Wongkaren dan Ahmad Y. Hasan juga duduk sebagai Direktur per 31 Desember 2014.

Pemegang saham lain di PT. Mitra Energi Persada, adalah PT. Dika Karya Lintas Nusa (DKLN) dimana Muddai duduk sebagai Direktur. DKLN juga bersama PD. PDE Sumsel membentuk PT. PDPDE Gas.

Seperti diketahui, suaminya Ahmad Y. Hasan juga telah ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU) bersama Caca Isa Saleh Sadikin dan Muddai Madang.

Tersangka keempat pada kasus PD. PDE Sumsel Alex Noerdin menjadi satu-satunya tersangka belum dijerat TPPU.

SERBA PERTAMA

Kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi PD. PDE Sumsel juga menarik bukan semata melibatkan eks. Gubernur Sumsel dan pengusaha setempat yang berkiprah di Jakarta.

Lebih dari itu, selain Majidah, istri tiga tersangka lain bergiliran diperiksa, di Gedung Bundar

Mulai istri Alex, Eliza namanya yang diperiksa, Selasa (9/11) dan Jumat (12/11. Juga istri Muddai Madang, Ratna Yulita, diperiksa Kamis (28/10) dan EB istri tersangka Caca Isa Saleh Sadikin, Jumat (22/10).

Dalam sejarah penyidikan ini baru pertama kali terjadi. Sebelum ini dalam kasus Asabri hanya Istri Alm. Ilham W. Siregar yang diperiksa bersama istri dua tersangka lainnya. Sedangkan jumlah tersangka Asabri minus Ilham ada 8 orang.

Dari catatan pula, hanya istri salah seorang pejabat pajak Semarang yang dijadikan tersangka kasus korupsi. Sementara istri Dhana Widiatmika, kasus korupsi pajak hanya berstatus saksi, beberapa tahun lalu.(ahi)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *