Dirjen Veri Akui Genjot Percepatan Tertib Ukur Bersama Kampus

EKBIS HEADLINE

JAKARTANEWS.ID — JAKARTA: Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono, mengakui tengah menggenjot percepatan tercapainya peningkatan tertib ukur melalui kerjasama dengan perguruan tinggi.

“Kerjasama itu bertujuan untuk membentuk jejaring kerja metrologi legal,” ujar Dirjen Veri usai menandatangani nota kesepahaman instansinya dengan tiga fakultas Universitas Padjadjaran, Bandung, Jumat (14/1).
Veri Anggrijono menjelaskan kesepahaman itu guna meningkatkan koordinasi serta efektivitas pengembangan dan penelitian di bidang berkaitan metrologi legal yang dapat diterapkan dan bermanfaat bagi masyarakat.
Kerjasama tersebut, sambungnya, diharapkan menjadi nilai tambah dalam implementasi kolaborasi.antara pemerintah dan perguruan tinggi untuk memberikan dampak dan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat.
“Kami mengapresiasi civitas akademika Unpad Bandung,” tandas Dirjen PKTN. Perjanjian tersebut ditandatanganinya bersama Dekan Fakultas MIPA, Iman Rahayu; Dekan Fakultas Psikologi, Zahrotur Rusyda; dan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Dadang Rahmat Hidayat.
Dirjen Veri menambahkan jajarannya ini telah berkolaborasi dengan beberapa fakultas Unpad dalam pengembangan sumber daya manusia metrologi legal. Seperti melalui pemetaan talenta pejabat fungsional, pengembangan kompetensi bagi tenaga pengawas dalam berkomunikasi publik, magang, dan lainnya.
Ditjen PKTN Kemendag Cq Ditmet saat ini mencatat telah terbentuk 432 Unit Metrologi Legal dari target 509 Unit Metrologi Legal secara nasional. Penyelenggaraan kegiatan metrologi legal itu diamanatkan Undang-Undang nomor 2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal dan UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
Kolaborasi
Sementara Direktur Metrologi, Matheus Hendro Purnomo, mengisyaratkan kerjasama yang ditandatangani Ditjen PKTN merupakan kolaborasi Ditmet & perguruan tingg dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang berkaitan dengan metrologi legal. Salah satunya, adalah mendukung program ‘Kampus Merdeka Merdeka Belajar’.
“Program ini membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan perkuliahan melalui mekanisme praktik kerja di balai-balai yang ada di lingkungan Direktorat Metrologi maupun Unit Metrologi Legal di daerah,” urainya disela-sela mendampingi Dirjen Veri.
Tujuan kerjasama itu, sambung Hendro Purnomo, juga akan terus memperkuat pengembangan organisasi dan sumber daya manusia di bidang metrologi legal dan pengembangan roadmap komunikasi publik. (royke)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *