KIB Komit, PAN Tegaskan Tak Tergiur Tawaran Koalisi Semut Merah

JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) yang merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PPP, menyambut baik seiring mulai bermunculannya koalisi sejumlah parpol, dalam hal ini PKB dan PKS dengan Koalisi Semut Merah.

“Bangun koalisi siapapun itu baik dan positif. Saya rasa demi adanya demokrasi yang sehat mari kita hadirkan sebanyak mungkin opsi kepada masyarakat,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN Eddy Soeparno kepada para wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (13/6/2022).

Menurut Eddy, setiap koalisi pada prinsipnya sama yakni berlomba-lomba dalam merebut simpati rakyat untuk menjaring pemimpin nasional melalui Pilpres 2024.

“Siapa yang dikehendaki masyarakat. Nanti masyarakat inginnya siapa menjadi pemimpin dan kenapa masyarakat ingin hal tersebut,” tutur Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini.

Namun begitu, Eddy menegaskan, KIB akan tetap solid, meski Koalisi Semut Merah menawarkan jalan tengah seperti Pemilu 1999 lalu membentuk Poros Tengah. Di mana PAN bagian dari Koalisi Poros Tengah tersebut bersama partai Islam lainnya kala itu.

“Per hari ini, perlu saya tegaskan, kita sudah tandatangan nota kesepahaman, kita komit dengan KIB. Bahkan kita mengundang teman-teman yang lain yang belum bergabung ke KIB ayo, datang hadir kita kuatkan KIB ini,” pungkas Eddy Soeparno.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengajak partai politik lain untuk bergabung dengan Koalisi Semut Merah. Koalisi ini merupakan jalan tengah yang bisa meleburkan politik identitas pada Pemilu 2024 nanti.

Terlebih, PKB dan PKS bersama parpol Islam yang lainnya pernah bersama-sama dalam Poros Tengah pada Pemilu 1999 silam. (Daniel)

Leave a Reply