Kunjungi Kemenkumham dan Imigrasi, Perda Pengawasan Orang Asing di Jatim Dikebut

JAKARTANEWS.ID -SURABAYA: Perda pengawasan orang asing yang digodok di Jatim terus dikebut. Yang terbaru, Komisi A DPRD Jatim dalam waktu dekat akan melakukan konsultasi ke Kementrian Hukum dan Ham serta Imigrasi pusat di Jakarta untuk mencari masukan terkait pengawasan orang asing di Jatim.

Anggota komisi A DPRD Jatim Siadi mengatakan selama ini Propinsi tak punya kewenangan dalam pengawasan orang asing, dimana sehari-harinya merupakan tugas dari pihak imigrasi. “ Selama ini Kesbangpol kabupaten dan kota di Jatim untuk mengetahui jumlah orang asing tahunya dari pihak imigrasi,”jelas politisi asal partai Golkar ini, selasa 14 Juni 2022.

Pria asal Malang ini mengatakan perda orang asing ini, diharapkan mampu membantu tugas-tugas dari imigrasi dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing di Jatim.

“Kalau kita ikut-ikut menangani pengawasan orang asing tanpa ada perda tentunya akan sia-sia. Oleh sebab itu,setelah turun ke lapangan, untuk pembahasan perda orang asing akan dibahas di komisi A DPRD Jatim terkait revisi perda orang asing,”jelasnya.

Dari kunjungan di Bondowoso beberapa waktu lalu, kata Siadi, jika daerah diberi kewenangan untuk pengawasan orang asing tanpa ada paying hokum, maka akan sia-sia saja melakukan pengawasan.

“Kesbangpol membutuhkan payung hokum untuk pengawasan orang asing tersebut. Maka kami melakukan revisi dari perda pengawasan asing tersebut,” tandasnya. (Yudie)

Leave a Reply