Pemkot Jakarta Pusat Pastikan Normalisasi Saluran di Jalan Tanah Abang II Hampir Rampung

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA: Normalisasi saluran mikro di Jalan Tanah Abang II, Gambir, Jakarta Pusat, saat ini progres pengerjaannya sudah mencapai 45. Ditargetkan normalisasi saluran akan selesai akhir Juni 2022 selesai.

Kasatpel Sumber Daya Air Kecamatan Gambir, M. Imawan mengatakan, pengerjaan normalisasi saluran mikro ini merupakan program SDA dan usulan Lurah Petojo Selatan, karena kondisi saluran banyak yang mampet dan sedimen lumpurnya  tinggi.

Normalisasi dilakukan dengan memperbaiki dinding dan penutup saluran serta mengeruk lumpur dengan menggunakan alat manual seperti pacul, linggis, blencong, gerobak motor, karung dan lain lain sejak awal Januari 2022.

“ Pihaknya mengerahkan 30 satgas petugas SDA kecamatan, agar pengerjaan ini cepat selesai, “ jelas Imawan, Selasa (14/6/2022 )

Dia mengungkapkan panjang saluran yang dinomarlisasikan sepanjang 385 meter, saluran riol diameter 80 Cm dan tebal lumpur 35 Cm. Diharapkan nantinya setelah dinormalisasikan kapasitas daya tampung air akan lebih banyak sehingga bisa meminimalisir terjadinya genangan, katanya.

Kendala dalam pengerjaan tersebut banyaknya utilitas di saluran, sehingga kita perlu hati-hati dalam pengerjaan tersebut. Saat ini lumpur yang sudah dikeruk sebanyak 98 meter kubik dan semoga akhir Juni 2022 sudah selesai, tambahnya. (Nugroho)

Leave a Reply