Periksa Komisaris dan Direksi Importir Baja, Tersangka Baru Bakal Ditetapkan?

Petinggi Lintas Kementerian Tidur Pules

Kantor Kejaksaan Agung. (Ist)

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Jajaran Komisaris dan  Direksi PT. Intisumber Bajasakti (IB) dan PT. Duta Sari Sejahtera (DDS) rame-rame datangi Kejaksaan Agung guna diperiksa terkait Skandal Impor Baja.

Namun, sampai selesainya pemeriksaan status para Komisaris dan Direksi PT. IB dan PT. DDS, notabene Perusahaan Importir Baja, Besi, Baja Paduan dan Produk Turunan, 2016- 2021 masih tetap sebagai saksi.

Belum diketahui alasan Jajaran Komisaris dan Direksi ke-2 perusahaan Importir dan 4 Importir lainnya masih sebagai saksi, meski ke-6 Perusahaan Importir sudah dijadikan tersangka korporasi, sejak Selasa (31/5) ?

Kapuspenkum Dr. Ketut Sumedana memberi alasan Jajaran Komisaris dan Direksi PT. IB dan PT. DSS diperiksa dalam status saksi untuk tersangka korporasi PT. IB dan PT. DDS.

“Pemeriksaan itu guna memperkuat pembuktian dan pemberkasan perkara, ” katanya, Selasa (14/6).

Selain PT. IB dan DSS, Kejagung juga menetapkan 4 Perusahaan Importir lain sebagai tersangka.

Mereka, PT. Bangun Era Sejahtera, PT. Jaya Arya Kemuning, PT. Perwira Adhitama Sejahtera dan PT. Prasasti Metal Utama.

Para tersangka Skandal Impor Baja lain adalah TB (Kasubag TU, Direktorat Impor, Ditjen Daglu, Kementerian Perdagangan-Kemdag), Owner Merasati Group BHL dan Manajer PT. Merasari Logistik T.

Seperti Komisaris dan Direksi 6 Importir, Petinggi Lintas Kementerian juga belum tersentuh, kendati sejumlah Direktur Kemdag, Kementerian Perindustrian (Kemprin) dan Ditjen Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan (Kemkeu) berulang diperiksa.

Para Komisaris dan Direksi PT. IB  yang diperiksa, Selasa (14/6) terdiri, R (Komisaris Utama), RL (Komsaris), ETL (Direktur Utama) dan DL (Direktur).

Sementara dari PT. DDS, adalah AA (Komisaris) dan H selaku Direktur PT. DDS.

DERETAN PANJANG

Sebelum ini, Jajaran Direksi 6 Perusahaam Importir sudah diperiksa, di Gedung Bundar, Kejagung dan belum dicegah ke luar negeri.

Mereka, terdiri Dirut PT. Arya Jaja Kemuning Lina Supriyanti, mulai  Selasa (17/5), Rabu (27/4) dan Rabu (6/4).

Lalu, Mantan Direktur PT. Duta Sari Sejahtera HT diperiksa, Kamis (12/5), WT (Direktur PT. Duta Sari Sejahtera),  Rabu (27/4).

Lainnya,  G (Dirut  PT. Bangun Era Sejahtera) dan  AH (Direktur PT. Prasasti Metal Utama), Rabu (27/4).

Kemudian, Dirut PT. Intisumber Bajasakti (IB)  ETL, Selasa  (12/4) dan terakhir Selasa (19/4) dan TS (Dirut PT. Perwira Adhitama Sejahtera), Rabu (30/3).

Sementara Jajaran Kementerian Lintas Sektoral, terdiri  Direktur Impor Moga Simatupang, Ditjen Daglu (Perdagangan Luar Negeri), Kemdag, Senin (21/3) dan Sekretaris Direktur Impor  Hira Nur Syahadah.

Serta dari Jajaran Bea dan Cukai, Kemkeu, Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa  Nirwala Dwi Heryanto, Rabu (23/3).

Selain itu, Untung Basuki (Direktur Fasilitas Kepabeanan dan R. Fadjar Donny Tjahjadi (Direktur Teknis Kepabeanan),  Selasa (22/3).

Jajaran Kemprin Budi Santoso (Direktur Industri Logam Periode 2021-2022,  Ditjen Ilmate), Senin (18/4). (ahi)

Leave a Reply