Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Kapolda Metro Jaya Buka Lomba Orasi Unjuk Rasa Hari Bhayangkara ke-76

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Dalam rangka menyambut hari ulang tahun Korps Bhayangkara yang ke-76, Polda Metro Jaya memberikan ruang dan wadah kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran membuka lomba orasi dlm rangka HUT Bhayangkara ke-76 mengatakan lomba orasi ini merupakan wujud komitmen Polri dalam menghargai kebebasan berekspresi masyarakat, sebagai bagian dari kedaulatan Hak Asasi Manusia di Indonesia.

“Polda Metro Jaya terus berupaya dan berbenah untuk selalu menghormati (obligation of respect) dan menjamin proses penyampaian pendapat di muka umum dari segala bentuk intervensi (obligation of protect),” ujar Fadil di Polda Metro Jaya, Kamis (16/6/2022).

Namun kendala yang sering kita temui dilapangan, masih sering terjadi gesekan dan kesenjangan dalam menanggapi hal ini, di satu sisi, masyarakat ingin menyampaikan aspirasi. Disisi lain, ekspresi ini dapat berpotensi untuk
mengganggu stabilitas kamtibmas.

“Perbedaan inilah yang menjadi tugas Polri untuk terus mengedukasi masyarakat dengan memberikan pemahaman secara preemtif dan preventif. Kompleksitas permasalahan di Jakarta memang selalu berpotensi rawan akan terjadinya social turbulence, maka pemolisian masyarakat merupakan salah satu cara untuk mewujudkan masyarakat demokrasi yang beradab,” kata Fadil.

Lomba orasi ini bukan hanya sekedar menjadi media bagi masyarakat dalam menjunjung tinggi prinsip freedom of speech. Namun juga sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi antar personel Polda Metro Jaya dan masyarakat Jakarta, agar tetap terus bersinergi bersama menciptakan Jakarta Yang kondusif dan damai.

“Jangan takut dalam berekspresi. Jangan takut dalam berkarya. Ekspresikan aspirasi dan opini anda dengan sebaik-baiknya dengan tetap memperhatikan norma-norma di masyarakat.Seluruh peserta boleh memberikan kritikan, saran, masukan, termasuk kepada Polda Metro Jaya,” pungkas Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. (Amin)

Tinggalkan Balasan