Sejumlah Korban Terlanjur Transfer, Akun WhatsApp Anggota DPRD DKI Adi Kurnia Dibajak Penipu

Wakil Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta Adi Kurnia Setiadi. (Joko)

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Akun WhatsApp atau WA milik Wakil Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta Adi Kurnia Setiadi dibajak penjahat.  Seperti biasa, akun tersebut digunakan untuk menipu dengan modus pinjam uang kepada teman WA sehingga sejumlah korban terperdaya dan sudah terlanjur transfer.

Menyadari akunnya dibajak penjahat digital, Adi langsung mengumumkan ke sejumlah teman WA termasuk keluarga dan saudara. “Perlu saya sampaikan kepada siapa saja yang  mendapatkan pesan WhatsApp atas nama saya, perlu saya klarifikasi bahwa itu bukan saya. Saat ini akun WhatsApp saya dibajak atau di-hack orang tidak dikenal,” kata Adi kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/6).

Menurut Adi, modus penipuan dengan bahasa meminjam uang tersebut berawal ketika dia mendapat pesan elektronik untuk aktivasi ulang akun WhatsApp. “Awalnya ada permintaan aktivasi, lalu saya ikuti  instruksi yang muncul di layar. Saat saya ikuti perintah oke, muncul kode dan kode tersebut dimasukkan ke dalam aktivasi. Setelah dimasukkan kode tersebut ke dalam aktivasi, akun WhatsApp masuk perangkap, langsung berpindah dengan nomor telepon dan profil akun langsung lengket kepada orang tidak dikenal tersebut,” kata Adi.

Setelah itu, kata Adi, nomor telepon dan profil akun WA-nya digunakan untuk melakukan penipuan dengan modus meminjam uang. “Pelaku berhubungan dengan orang lain atas nama saya karena akun WA lengkap dengan foto profil sudah mereka bajak dan dikuasai,” kata Adi.

Karena itu dia mengimbau kepada siapa saja untuk lebih hati-hati terhadap modus penipuan dengan membajak akun WA. “Saya langsung telepon sejumlah orang untuk tidak memberikan apapun atas permintaan pembajak tersebut. Itu perbuatan melanggar hukum dan murni penipuan,” kata Adi yang berprofesi sebagai pengacara. Dia segera membuat laporan polisi ke Cyber Crime Polda Metro Jaya agar penjahat macam ini segera digulung.

Berdasar informasi ternyata sudah ada  sejumlah orang,  termasuk anggota DPRD, pejabat Pemprov DKI, pegawai bank, dan lainnya  yang masuk jebakan batman. “Mereka masing-masing mengaku sudah terlanjur transfer antara Rp 2 juta dan Rp 3 juta. “Saya gemes banget sama pelakunya. Saya berharap Polda Metro dapat menangkap pelaku yang diduga lebih dari satu orang dan sudah profesional di bidang kejahatan,” pungkasnya. (joko)

Leave a Reply