Muncul Deklarasi Ikatan Alumni Ansor dan Banser, Imam Makruf: Harus Sowan ke Senior Ansor Dulu

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Mantan Ketua Ansor Jatim Imam Makruf angkat bicara terkait adanya rencana deklarasi ikatan alumni Ansor dan Banser yang akan digelar di Surabaya, Jatim.

Pria yang juga anggota DPRD Jawa Timur ini mengatakan sah-sah saja kalau alumni Ansor untuk membentuk kelompok-kelompok baru, namun harus ada akhlak silaturahmi kepada tokoh-tokoh Ansor di Indonesia.

“Harus menjadi catatan kalau berbicara Ansor atau NU beserta banomnya jangan ada kepentingan tertentu,” jelas pria dua periode pimpin Ansor Bali ini saat dikonfirmasi, Jumat (17/6/2022).

Imam Makruf mengatakan di dalam tubuh NU beserta banomnya tersebut, ada fasum-fasum politik masing-masing.

”Beraneka ragam fasum politik di dalam NU tersebut. Misalnya, ada yang PDI Perjuangan, Gerindra, PKB , Golkar dan yang lainnya,” jelasnya

Jika nantinya pembentukan kelompok-kelompok tertentu ini, ada kepentingan tertentu, kata Makruf, maka akan terjadi perpecahan.

“Kalau berbicara di dalam NU itu hanya satu yaitu membawa marwah akidah Aswaja. Kalau tujuannya untuk kepentingan tertentu ya saya sayangkan,” jelasnya.

Jika nantinya pembentukan kelompok tersebut terealisasi, lanjutnya dengan tujuan untuk kebaikan bersama maka harus ada dikomunikasikan dengan senior-senior di Ansor.

“Tujuannya di Ansor itu silaturahmi menjadi satu kesatuan membawa marwah Aswaja,” jelasnya.

Sekadar diketahui, beredar Broadcst undangan deklarasi Ikatan Alumni GP Ansor yang digelar di Surabaya. Dalam broadcast yang beredar, penggagas menyatakan munculnya deklarasi Ikatan Alumni GP Ansor dilatarbelakangi adanya sinyalemen pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945 yang tidak lagi berpihak pada kepentingan rakyat. Negara saat ini dinilai sudah dikuasai kepentingan oligarki.(yudhie)

Leave a Reply