Surya Paloh Belum Umumkan Anies Capres NasDem, Jamiluddin Ritonga: Ada Dua Penyebab

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Pernyataan Surya Paloh belum tentu mengusung Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) dari Partai NasDem tampaknya hanya menunggu waktu saja.

Surya Paloh akan melihat dulu reaksi dari masyarakat dan partai politik atas besarnya dukungan DPW Partai NasDem terhadap Anies. Reaksi dari dua pihak tersebut akan menjadi dasar bagi Surya Paloh untuk memutuskan jadi tidaknya Anies diusung.

Demikian disampaikan Pakar Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada para awak media, Jumat (17/6/2022).

Menurut Jamiluddin, reaksi masyarakat diperlukan karena Surya Paloh ingin capres yang diusungnya memang mendapat dukungan dari masyarakat.

“Hal itu tentunya berkaitan dengan keterpilihan capres yang akan diusung,” kata Dosen Pasca Sarjana Fikom Universitas Esa Unggul, Jakarta ini.

Jadi, lanjut Jamiluddin, Surya Paloh ingin mengetahui keterpilihan Anies setelah didukung DPW Partai NasDem.

“Kalau keterpilihan Anies sesuai dengan dukungan DPW, maka Surya Paloh akan segera memutuskan Anies menjadi capres dari partainya,” jelas Jamiluddin.

Jamiluddin meyakini, Surya Paloh juga ingin melihat reaksi dari partai politik atas dukungan DPW Partai NasDem.

“Hal itu diperlukan Surya Paloh untuk memastikan partai politik, khususnya calon partai politik koalisi, juga respek terhadap Anies,” terang Dekan Fikom IISIP, Jakarta 1996-1999 ini.

Kalau partai politik respek terhadap Anies, menurut Jamiluddin, tentu akan memberi kepastian bagi Surya Paloh untuk mengusung Anies.

“Partai politik lain akan lebih mudah diajak berkoalisi dengan Anies menjadi capresnya,” imbuh Jamiluddin.

Jadi, tutur Jamiluddin, reaksi partai politik terhadap Anies diperlukan agar Surya Paloh tidak salah memilih Anies menjadi capres.

“Surya Paloh akan merasa pasti mengusung Anies karena juga akan diterima partai politik lain yang akan diajak berkoalisi,” tukas Penulis Buku Riset Kehumasan ini.

Dengan diketahuinya reaksi dari masyarakat dan partai politik terhadap Anies, tambah mantan Sekjen Media Watch ini, Surya Paloh akan yakin capres yang diusungnya memang diterima kedua belah pihak.

“Surya Paloh akan yakin capres yang diusung partainya juga akan diusung partai lain dan masyarakat akan memilihnya. Kepastian itu diperlukannya agar capres dari partainya akan memenangkan kontestasi pilpres 2024,” pungkas Jamiluddin Ritonga. (Daniel)

Leave a Reply