Siapkan Set Top Box di TV Anda, Nikmati Siaran Digital

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Migrasi siaran TV Analog ke TV digital sudah dimulai secara bertahap pada tahun 2022 ini, bahkan pada bulan November ini, seluruh masyarakat dapat menikmati siaran TV digital.

Tentunya bagi masyarakat yang masih pengguna TV Analog atau televisi tabung, yang pastinya tidak perlu mengganti televisi di rumah anda untuk bisa menikmati siaran TV digital.

Namun yang perlu dipersiapkan adalah Set Top Box (STB), yang merupakan peranti teknologi informasi dengan komponen utamanya chip processor dan memory.

Dengan menggunakan STB ini, masyarakat pastinya bisa menonton berbagai program acara pada TV digital, dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik dibandingkan dengan siaran TV analog.

Setiap perangkat televisi digital dan dekoder STB yang diperdagangkan, dibuat, dirakit, serta digunakan di wilayah Indonesia.

Begitu pula dalam pembuatannya, wajib untuk memperhatikan persyaratan teknis berdasarkan izin sesuai peraturan perundang-undangan, seperti dikutip dari siarandigital.kominfo.go.id.

Persyaratan teknis televisi digital dan set top box diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2019 tanggal 28 Juni 2019 tentang Persyaratan Teknis Alat atau Perangkat Telekomunikasi untuk Keperluan Penyelenggaraan Televisi Siaran dan Radio Siaran.

Persyaratan dan proses sertifikasi televisi digital dan STB ini, dapat diketahui melalui portal e-sertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Masyarakat juga di ingatkan agar tidak membeli perangkat STB yang abal-abal. Sementara itu untuk STB resmi Kominfo, dijamin bisa digunakan untuk di semua fitur yang ada di siaran TV digital.

Bahkan STB yang sudah memiliki sertifikat Kominfo ini, memiliki beberapa tanda khusus di dalam kemasan perangkat STB tersebut, seperti terdapat tulisan DVB T2, atau tulisan “Siap Digital”.(Naek)

Leave a Reply