Muncul Nama Andika Perkasa Sebagai Capres, Pengamat Sebut Calon Potensial Jika Diusung di Pilpres 2024

JAKARTANEWS.ID -SURABAYA: Mencuatnya nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai salah satu capres dalam Rapimnas Partai NasDem dinilai pengamat layak sebagai calon presiden potensial di Pilpres 2024 mendatang.

Peneliti senior dan analis data politik Surabaya Survey Center (SSC), Surokim Abdussalam mengatakan munculnya jendral Andika Perkasa pasca disebut partai NasDem di Rakernas partai tersebut sebagai salah satu calon presiden (capres) tentunya akan menaikkan rating Andika Perkasa dalam kontes pilpres 2024.

“Sebagai jenderal aktif dengan tongkat komando tertinggi di TNI peluang dari NasDem ini tentu akan punya banyak efek bagi masa depan Jenderal Andika dalam politik nasional. Beliau potensial menjadi calon alternatif, calon jalan tengah jika koalisi-koalisi deadlock menentukan calon dari parpol dan sipil,” jelasnya saat dikonfirmasi, Minggu 19 Juni 2022.

Dalam sejarah politik Indonesia, kata dekan Fisip UTM (Universitas Trunojoyo Madura) ini tidak dimungkiri tokoh militer selalu punya ruang dan juga daya saing apalagi dalam situasi krisis.

“Momentum politik sekarang bandulnya memang sedang baik untuk para calon berlatar belakang kepala daerah dan sipil, tetapi tidak menutup kemungkinan calon militer akan bisa menyalip jika situasinya sulit dan tidak terjadi kompromi di koalisi,” lanjutnya.

Apalagi jika kinerja Jenderal Andika sesuai ekspektasi public,kata Surokim maka peluang bisa kompetitif juga akan mengikuti. Apalagi jika dikaitkan dengan geopolitik nasional dan internasional, tentunya sosok Andika Perkasa punya kans untuk mendapat momentum itu kendati jalannya tidak akan mudah karena posisi yang bersangkutan saat ini masih aktif sehingga tidak akan leluasa membangun komunikasi politik lebih bebas.

Sekadar diketahui, Partai NasDem menjatuhkan pilihan untuk mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Ketua DPP Nasdem, Willy Aditya, membeberkan alasan partainya mendukung Andika Perkasa. Menurut Willy, hal itu karena pertimbangan latar belakang Andika yang erat sebagai militer dan sipil.

“Terkait dengan Andika Perkasa variable yang lebih kualitatif. Bagaimana komitmen menjaga negara, bangsa, bagaimana komitmen menjaga stabilitas dan kemudian keseimbangan antara representasi sipil dan militer,” jelas Willy di Jakarta beberapa waktu lalu.(yudhie)

Leave a Reply