Besok Rakernas II PDIP akan Dibuka Megawati, Presiden Jokowi Bakal Berikan Sambutan

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto (ist)

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang kedua tahun 2021 di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, selama tiga hari, sejak Selasa (21/6/2022) hingga Kamis (23/6/2022).

Rakernas itu akan dibuka oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan kader PDIP dijadwalkan hadir di kegiatan tersebut.

“Acara Rakernas ini akan dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri. Presiden Joko Widodo dijadwalkan memberi sambutan di Rakernas,” kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Senin (20/6/2022).

Hasto menjelaskan, Rakernas PDIP kali ini mengusung tema “Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat”. Dengan sub tema “Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara”.

Hasto mengatakan, seperti yang pernah diungkap Megawati, Indonesia memiliki kepentingan yang besar untuk memastikan pembangunan desa.

“Bahwa pembangunan Indonesia ke depan, dimulai dari desa,” ungkap Hasto.

Bagi PDIP, kata Hasto, desa adalah ujung tombak pemerintahan, yang berada di garda terdepan pelayanan publik, sekaligus tempat hidup tradisi dan adat istiadat.

“Desa adalah taman sari kearifan lokal nusantara. Itulah sumber kebudayaan dan kepribadian bangsa. Membangun Indonesia harus dimulai dari desa dengan program pembangunan di segala bidang kehidupan, berbasis pada hasil riset nasional sehingga ke depan harus ada optimalisasi peran peneliti dan perekayasa di kampus-kampus yang mengolah sumber daya di desa,” urai Hasto.

Dengan tema ini, lanjut Hasto, PDIP ingin memperjuangkan perbaikan kehidupan rakyat melalui keputusan-keputusan politik yang jelas sehingga benar terwujud lah membangun Indonesia dari desa.

“Desa kuat, Indonesia maju dan berdaulat,” tegas Hasto.

Secara kepartaian, lanjut Hasto, Rakernas dilaksanakan berdasarkan amanat Kongres V Partai yang dilaksanakan pada tanggal 8-11 Agustus 2019, dan instruksi ketua Umum Partai.

“Konsolidasi Partai dilaksanakan melalui Program 5 Mantap. Yakni Mantap Ideologi; Mantap Organisasi; Mantap Kader; Mantap Program dan Mantap Sumber Daya,” beber mantan Anggota Komisi VI DPR RI ini.

“Rakernas Partai dilakukan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan konsolidasi Partai, mendengarkan laporan dari badan-badan partai dan alat kelengkapan Partai, serta untuk menyusun program pemenangan Pemilu legislatif dan pemilu Presiden pada tahun 2024,” pungkas Hasto Kristiyanto. (Daniel)

Leave a Reply