Kejar Pemerataan Capaian Vaksinasi, Binda DIY Gelar Akselerasi Vaksinasi Booster Covid-19

Kepala Binda DIY, Brigjen Pol Andry Wibowo. (Ist)

JAKARTANEWS.ID – YOGYAKARTA: Akselerasi vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster kembali digencarkan Badan Intelejen Daerah (Binda) DI Yogyakarta selama tiga hari kedepan, 21-23 Juni 2022.

Hal itu sebagai respon sebaran Covid-19 subvarian BA.4 dan BA.5 yang mulai muncul di beberapa daerah.

Kepala Binda DIY, Brigjen Pol Andry Wibowo menuturkan akselerasi vaksin booster dilakukan serentak di 5 kabupaten dan kota di wilayah  DIY, dengan membuka sentra-sentra vaksinasi.

Menurutnya, meski subvarian baru belum terindikasi di Yogyakarta, langkah mitigasi harus ditempuh sedini mungkin.

“Maka, harus diikuti dengan langkah-langkah yang sama dengan gelombang satu dan dua kemarin, walaupun saat ini Corona sudah tidak jadi ancaman kedaruratan. Tapi, mitigasi prokes dan vaksinasi harus berlanjut,” ujar Andry Wibowo di sentra vaksinasi Dinas Kesehatan DIY, Selasa (21/6/2022).

Andry menyatakan, percepatan vaksinasi booster harus dilakukan serentak di seluruh daerah DIY, mengingat baru Kota Yogyakarta yang capaian dosis ketiganya sudah melebihi 80 persen.

Sehingga, ia berharap, kabupaten-kabupaten lain bisa menduplikasi percepatan vaksinasi booster tersebut.

“Kota Yogyakarta jadi daerah yang berhasil dalam upaya percepatan vaksinasi, baik dosis satu, dua, atau tiga. Maka, harus diimbangi kabupaten lain. Kota bisa jadi lokomotif ya, untuk percontohan daerah di sekirar,” katanya.

Berdasarkan data terkini, capaian vaksinasi booster di Kota Yogyakarta sudah mencapai 87,11 persen, serta menyasar 258.233 orang.

Dalam artian, kurang dari 13 persen lagi, capaian vaksin booster di Kota Yogyakarta genap 100 persen.

“Harapan kami, akselerasi ini bisa jadi pemicu masyarakat, untuk menyambangi sentra-sentra vaksinasi. Ini sedang kita siapkan juga, vaksinasi door to door lagi seperti dulu. Warga yang mengalami kendala dalam mengakses sentra-sentra, akan kita datangi ke rumahnya,” ujarnya.

“Selain berupaya mempertebal imunitas melalui vaksin, masyarakat juga harus tetap memperhatikan prokes, jangan terus abai, meski ada sedikit pelonggaran. Bagaimanapun, kewaspadaan tetap penting,” tambah Kabinda.

Sementara Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Dinkes DIY, Puji Sutarjo, menuturkan animo masyarakat untuk datang ke sentra vaksinasi Dinkes DIY, yang berlokasi di sebelah timur Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta, terbilang tinggi.

Bahkan, berdasarkan data terakhir, sudah melebihi target.

“Sebenarnya yang mendaftar ada 450, tapi yang datang ternyata labih dari itu, sekitar 500an. Tentunya, ini bentuk dukungan luar biasa dari Binda DIY, dalam upaya akselerasi booster di wilayah Yogyakarta,” ungkap Puji.

Ia mengatakan, pengakses sentra vaksinasi yang bakal dioperasikan hingga Jumat (24/6/2022) tersebut, bukan hanya warga Kota Yogyakarta, namun juga daerah-daerah di sekitarnya.

Selama dosis masih tersedia, Dinkes dapat memastikan, warga dilayani tanpa terkecuali.

“Karena lokasi sentra kami di kota, makanya yang datang bukan sebatas warga kota (Yogyakarta) saja, banyak sekali itu, yang dari kabupaten lain. Apalagi, rata-rata mereka bekerja di kota, jadi aksesnya lebih mudah,” tandasnya. (Naek)

Leave a Reply