Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah di Jakpus Berjalan Sukses

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA: Pelaksanaan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah (PGJSS) di wilayah Kelurahan Johar Baru, Johar Baru, Jakarta Pusat sudah mulai berjalan sesuai tamplate yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Ka.sie Ekonomi dan Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Johar Baru, Faruk mengatakan, PGJSS merupakan rangkaian pengolaan sampah rumah tangga yang dilakukan selama satu pekan dengan melibatkan warga masyarakat agar ikut berperan aktif dalam rangka mengimplementasikan pergub 77 tahun 2022 tentang pengelolaan sampah di lingkungan Rw.

“Alhadulillah, wilayah Kelurahan Johar baru sudah melaksanakan himbauan Gubernur DKI Jakarta mengenai Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah (PGJSS). Dari 11 Rw di Johar Baru sudah kita laksanakan himbauan tersebut diawali dengan rembug Rw,“  kata Faruk didampingi Ketua BPS Rw. 05, Efi Dalia dan Ketua BPS Rw.09, Leli Fauzi, Senin (20/6/2022 ).

Lebih lanjutnya Faruk menuturkan, besok dihari kedua akan dilakukan  pemilahan sampah, composting dan lain-lain sampai nanti hari Sabtu depan yaitu tanggal 25 Juni 2022 akan dilaksanakan kerja bakti massal  dalam rangka PGJSS.

“Insyaallah kita tetap semangat mendukung program Pemerintah DKI Jakarta, semoga menjadi amanah, menuju keberhasilan dan kebahagian bagi warga Johar Baru,” imbuhnya.

“Harapan Saya, dengan adanya PGJSS ini akan menjadikan budaya bagi masyarakat Johar Baru, sehingga keinginan untuk menjaga dan melestarikan lebih terjaga dan teratur serta menjadi  satu bentuk kemajuan buat kemaslahatan kelurahan Johar Baru,” tambahnya.

Sementara ketua Badan Pengelola Sampah (BPS) Rw.09 Leli Fauzi sangat mendukung program PGJSS, dengan adanya program ini, mudah-mudahan warga semakin berperan aktif dalam pengelolaan sampah dari sumbernya yaitu dari rumah.

Ucapan yang sama juga dilontarkan Ketua BPS Rw.05 Efi Dalia mengatakan, memang seharusnya ada program seperti ini, jadi kita bisa memilah sampah lebih terorganisasi lagi. Tinggal kita mensosialisasikan kepada warga terkait kegiatan pelaksanaan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah agar warga lebih memahaminya.

“Sosialisasi tetap harus kita dengungkan, agar masyarakat sadar dalam pengelolaam sampah,“ tandasnya. (Nugroho)

Leave a Reply