Pemirsa Televisi Dipastikan Mendapat Peningkatan Kualitas Tayangan Saat Beralih ke Siaran TV digital

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Tahap pertama penghentian siaran televisi analog dilakukan pada akhir bulan April 2022 lalu.

Sementara itu untuk Jawa Tengah sendiri, sebanyak 13 daerah masuk tahap pertama migrasi dari siaran TV Analog ke digital.

Adapun daerah tersebut yaitu, Kabupaten Blora, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kabupaten Rembang, Kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, serta Kabupaten Brebes.
Seperti dikutip dari pekalongankota.go.id, Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Batik TV yang berada di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan resmi bertransformasi menjadi Televisi Digital (TV Digital).

Begitu pula yang disampaikan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan Angkatan 2020 ini mengungkapkan, adanya migrasi dari televisi analog menuju digital, merupakan salah satu wujud transformasi digital dalam ruang lingkup penyiaran di Indonesia.

“Setiap pemirsa televisi dipastikan mendapatkan peningkatan kualitas tayangan siaran saat beralih ke siaran TV digital,” kata Toddy Rizki Lukman Hakim saat diminta komentarnya seputar saran TV digital, Sabtu (18/06/2022).

Lebih lanjut Toddy Rizki menyebutkan, secara teknis, tayangan siaran TV digital itu menyajikan gambar yang bersih, suara jernih dan canggih teknologinya.

Ia juga menyebutkan, kualitas yang meningkat tersebut, diikuti dengan jumlah siaran yang bertambah.

“Pertambahan jumlah tayangan ini langsung dinikmati pemirsa televisi di Indonesia,” ungkapnya.

Namun untuk dapat menikmati siaran TV digital ini, kita harus membeli Set Top Box (STB) yang semakin murah harganya, dan itu juga bisa kita gunakan untuk TV yang masih menggunakan tabung, paparnya.

Toddy Rizki mengetahui adanya siaran TV digital ini dari saudara, selain itu dari media sosial. Bahkan menurutnya hamper 80 persen warga dilingkungan tempat tinggalnya sudah menggunakan TV digital. (Naek)

Leave a Reply