Rusia Klaim Serangan Rudal Kalibr Tewaskan Lebih 50 Jenderal Ukraina

JAKARTANEWS.ID – MOSKOW: Kementerian Pertahanan (Kemhan)  Rusia mengklaim puluhan perwira militer  Ukraina tewas dalam serangan rudal ke pusat komando di Shirokaya Dacha, Dnepropetrovsk. Serangan dilakukan menggunakan rudal jelajah Kalibr yang ditembakkan dari kapal perang.

“Lebih dari 50 jenderal serta perwira Angkatan Bersenjata Ukraina tewas,” bunyi pernyataan kemhan pada Minggu (19/6/2022), dikutip dari RT.

Disebutkan rudal menghantam kompleks tempat komandan dari beberapa unit militer Ukraina berkumpul untuk menggelar pertemuan. Belum ada keterangan resmi dari pemerintah Ukraina terkait serangan tersebut.

Selain itu kemhan menyebutkan rudal Kalibr juga menghancurkan 10 artileri Howitzer M777 dan 20 kendaraan lapis baja kiriman negara Barat yang baru tiba. Kendaraan itu diparkir di sebuah gudang Kota Nikolayev.

Pada Sabtu lalu tiga rudal Rusia menghujani depot menyimpanan bahan bakar di Kota Novomoskovsk, Ukraina. Depot meledak dan menewaskan satu orang dan dua lainnya luka.

Rusia juga menggencarkan serangan di Kota Sievierodonetsk, Luhansk. Selain menggempur habis-habisan dengan artileri, sejumlah besar pasukan cadangan Rusia dikirim ke kota industri tersebut sejak Sabtu lalu.

Personel yang dikerahkan berasal dari daerah lain di Ukraina. Ini mengindikasikan Rusia ingin segera merebut kota penting yang berada di garis depan pertahanan timur Ukraina tersebut secepatnya.

Sementara itu, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina melaporkan serangan artileri militernya pada Sabtu lalu menghancurkan beberapa peluncur roket Rusia. (Amin)

Leave a Reply