Survei Litbang Kompas, Elektabilitas Demokrat Raih 11,6 Persen Duduki Peringkat 3 Besar

Ketum DPP Demokrat AHY menyatu di tengah masyarakat. (ist) 

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Partai Demokrat  masuk tiga besar partai papan atas berdasarkan hasil survei Litbang Kompas Juni 2022. Tingkat elektabilitas partai yang dipimpin Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)  mencapai 11,6 persen, tepat di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). 

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan, masuknya Demokrat menjadi tiga besar partai di Indonesia menunjukkan konsistensi  Demokrat menjalankan kerja kerakyatan. “Kami ucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia atas kepercayaannya kepada Demokrat. Dengan semakin banyaknya rakyat yang memilih Demokrat di berbagai survei, termasuk di Litbang Kompas yang mencapai 11,6 persen membuat partai kita naik elektabilitasnya,” ujar Herzaky di Jakarta, Selasa (21/6).

Hasil positif ini memicu Demokrat untuk terus berkoalisi dengan rakyat. “Memperjuangan dan menyuarakan aspirasi dan harapan rakyat,” ujar Herzaky. Ia menegaskan, ada tiga kunci kenaikan elektabilitas  Demokrat pada survei Litbang Kompas Juni 2022. “Pertama, konsistensi  Demokrat menyuarakan dan membantu rakyat yang kesulitan selama dua tahun  pandemi.  Dari menyuarakan aspirasi rakyat di ruang publik, maupun di parlemen pusat maupun daerah,” tambahnya. Begitu pula dengan perjuangan membantu rakyat, dilakukan secara masif oleh kader Partai Demokrat di seluruh pelosok Indonesia.

Kedua, lanjut Herzaky, konsolidasi organisasi yang dilakukan oleh Ketua Umum DPP Demokrat AHY juga membuahkan hasil positif sehingga, soliditas kader makin terjaga. “Kesatuan gerak  organisasi Demokrat di berbagai tingkatan  memudahkan partai mendekatkan diri dengan rakyat,” tuturnya.

Ketiga, ucap Herzaky, Partai Demokrat konsisten membantu rakyat dan menjalankan konsolidasi dengan baik di bawah kepemimpinan AHY.  “Kepemimpinan yang lebih kolaboratif, terbuka, dan menggunakan pendekatan terukur berbasis data, membuat setiap gerak langkah yang diambil Demokrat, sesuai dengan harapan publik sehingga direspon dengan baik oleh publik, dan mendapatkan dukungan solid dari para kader Demokrat di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono mengaku bersyukur atas tingkat elektabilitas Partai Demokrat pada peringkat ketiga hasil survei Litbang Kompas. “Kami akan terus menjalankan program kerja kerakyatan sehingga masyarakat luas semakin percaya kepada Partai Demokrat,” tandas Mujiyono.  Hasil survei Litbang Kompas 11,6% peringkat 3, kata Mujiyono,  merupakan survei independen dan netral.

Diketahui, berdasarkan survei Litbang Kompas yang dirilis hari Selasa, 21 Juni 2022, tiga besar elektabilitas Partai Politik ditempati oleh PDIP 22,8 persen, Gerindra 12,5 persen, dan Demokrat 11,6 persen. Adapun peringkat selanjutnya diduduki oleh Golkar 10,3 persen, PKB 5,4 persen , PKS 5,4 persen, Nasdem 4,1 persen, PAN 3,6 persen, dan PPP 2 persen.

Litbang Kompas sendiri melakukan survei secara berkala. Berdasarkan survei pada Oktober 2021, elektabilitas Demokrat masih di 5,4 persen. Sedangkan survei di bulan Januari 2022, Demokrat menembus dua digit, yaitu 10,7 persen. Terkini, Demokrat naik kembali mencapai 11,6 persen. Hal ini menunjukkan elektabilitas Demokrat meningkat secara konsisten selama setahun terakhir. (joko) 

Leave a Reply