Siapkan Perangkat Set Top Box untuk TV Tabung Anda

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Migrasi siaran TV analog ke digital terus berjalan, pastinya masyarakat mempersiapkan perangkat televisinya agar dapat menyaksikan siaran digital.

Untuk itu bagi anda yang memiliki TV tabung, tentu tidak perlu merasa resah harus membeli TV baru, agar bisa nonton siaran TV digital, maka cukup dengan gunakan Set Top Box (STB).

Alat STB ini sering disebut juga sebagai receiver, decoder, dan converter.

Pada tahap pertama, Kominfo mematikan siaran televisi analog di sejumlah wilayah di Aceh, Riau, Banten, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Adapun pelaksanaan ASO dibagi menjadi lima tahap, di mana tahap akhir akan rampung pada 2 November 2022 mendatang.

Agar tetap dapat menyaksikan televisi, pengguna mau tidak mau harus beralih dari TV biasa ke televisi digital.

Sementara itu cara memasang STB pada TV tabung atau TV model lama cukup mudah. Berikut langkah untuk memasang STB pada TV Tabung, yaitu menyiapkan STB dan TV analog anda, kumudian pastikan STB berjenis DVB-T2 yang mendukung, lalu sambungan antena pada TV analog.

Posisikan TV analog telah dalam posisi power off atau daya mati, setelah itu cabut kabel antena yang telah terpasang di TV tabung, serta sambungkan kabel antena ke port yang biasanya bernama “ANT IN” dan tersedia di bagian punggung STB.

Sambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog, namun jika TV analog belum mendukung sambungan HDMI, bisa juga disambungkan dengan kabel AV yang biasanya memiliki tiga ujung konektor berwarna merah, kuning, dan putih.

Pastikan STB telah terhubung dengan daya, lalu anda bisa menyalakan STB dan TV analog.

Selanjutnya, masuk ke menu pengaturan TV analog, pilih mode tampilan AV. Setelah menu STB muncul, pilih opsi pencarian saluran.

Bila daftar saluran siaran digital telah muncul, maka pilih opsi simpan, dan Anda bisa segera menikmati siaran dari digital di TV analog. (Naek)

Leave a Reply