Kelurahan Kebon Kelapa Gelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Kali Ciliwung Hilir Segmen Pasar Baru

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA: Kelurahan Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat menggelar kegiatan sosialisasi pembangunan/peningkatan kapasitas kali ciliwung kawasan pasar. Sosialisasi tersebut dipimpin Sekretaris Lurah (Sekel) Kebon Kelapa, Herwina Wahyuni didampingi Kasie Ekbang Kelurahan Kebon Kelapa, Joko Umbar.

 

Staf Teknis Ahli Drainase Dinas SDA DKI Jakarta, David Siburian mengatakan, di wilayah Kelurahan Kebon kelapa ada dua sistem pompa yang akan dibangun. Sebelumnya kita sudah melakukan sosialisasi tahap pertama yaitu Sistem Pompa Batu Ceper.

 

“Hari ini Sosialisasi sistem pompa Hayam Wuruk, disini nanti ada pembangunan saluran yang fungsinya untuk long storage,“ jelas David, Jum’at ( 23/6/2022 ).

Lebih lanjut David menuturkan, pembangunan saluran tersebut akan dimulai dari Jalan Pintu Air II dengan panjang 100 meter, dimensi saluran 1 x 2 meter, kemudian akan crosing ke Jalan Pecenongan tepatnya disisi barat dengan dimensi saluran 2 x 2 meter dengan panjang 380 meter dari sini kita bangun crosing di perempatan/persimpangan Jalan Sukarjo Wiryopranoto akan dibangun saluran/long storage sepanjang 730 meter dengan dimensi 2 x 3 meter.

Pekerjaan ini akan dilakukan oleh pihak ketiga yaitu PT. Pitaco Brahmakerta, ucap David, Setelah itu tepatnya persimpangan Hayam Wuruk atau di ujung jalan Sukarjo Wiryopranoto akan dibangun rumah pompa dan kelengkapannya yang fungsinya untuk menarik air dari long storage dari Pintu II sampai ke Jalan Sukarjo Wiryopranoto, ungkapnya.

Tampungan saluran air saat ini sistemnya dialirkan ke kali beton, berdasarkan analisis dari tenaga ahli SDA tidak mampu lagi untuk menampung semua aliran yang ada di sekitar Batu Ceper, Batu Tulis dan Pintu Air sehingga perlu dibangun saluran long storage supaya tidak ada lagi genangan, jelasnya

“Mudah-mudahan dengan dibangunnya saluran di Jalan Pecenongan dan sekitarnya, wilayah tersebut tidak ada lagi genangan,” harap David.

Manager Sistem Pompa Air Jalan Hayam Wuruk/Gajah Mada PT. Pitaco Brahmakerta, Nelson Siahaan menambahkan, pekerjaan pembangunan saluran long storage akan di mulai awal juli dan berakhir bulan Desember 2022, pekerjaan ini dilakukan bertahap artinya penggalian saluran dilakukan 25 sampai dengan 50 meter setelah selesai baru dilakukan penggalian lagi dan seterusnya.

Untuk mengatasi kemacetan lalulintas dan aktifitas warga agar tidak terganggu dalam pembangunan tersebut pihaknya juga berkoordinasi dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan serta intansi terkait, katanya.

Semua pekerjaan pasti ada dampaknya, maka itu saya berharap warga yang dilewatin proyek tersebut bisa memahamin dan bisa diajak bekerjasama, dalam arti bekerja sama yang positip untuk pelaksanaan pekerjaan ini terselenggara dengan baik, tambahnya. (Nugroho)

Leave a Reply