Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Mulyanto Minta Pertamina Tak Sulitkan Rakyat Beli BBM Bersubsidi

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. (Ist)

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Rencana Pertamina mewajibkan penggunaan aplikasi MyPertamina bagi masyarakat yang ingin membeli BBM bersubsidi ditentang Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto.

Menurut Mulyanto, penggunaan aplikasi tersebut jelas akan menyulitkan masyarakat untuk membeli BBM bersubsidi, karena tidak semua masyarakat mempunyai telepon seluler yang memadai untuk dipasangkan aplikasi tersebut.

“Masyarakat kecil pengguna BBM bersubsidi ini belum tentu memiliki smart phone untuk mengakses aplikasi MyPertamina, sehingga perlu sosialisasi, edukasi dan pentahapan bagi penerapan sistem ini,” kata Mulyanto kepada para wartawan, Rabu (29/6/2022).

Mulyanto meminta, Pertamina meninjau ulang rencana penggunaan aplikasi ini.

Mulyanto berpendapat, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan Pertamina untuk mengatur konsumsi BBM bersubsidi agar tepat sasaran.

“Yang perlu dibatasi itu adalah penggunaan BBM bersubsidi oleh kendaraan mewah. Bukan pembatasan untuk semua masyarakat,” imbuh Wakil Ketua F-PKS DPR RI Bidang Industri dan Pembangunan ini.

Itu pun, lanjut Mulyanto, Pertamina tidak dapat langsung mengeksekusi kebijakan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi ini.

“Pertamina harus menunggu perubahan Perpres tentang pembatasan konsumsi BBM bersubsidi, baik Pertalite maupun solar,” jelas Mulyanto.

Mulyanto mengingatkan, regulasi pembatasan pembelian BBM bersubsidi ini tengah diperbaiki.

“Revisi Perpresnya belum jadi, selanjutnya aturan teknisnya ada di Peraturan BPH Migas,” ungkap Anggota Baleg DPR RI ini.

Legislator asal Dapil Banten 3 ini menambahkan, Pertamina sebagai operator tidak membentuk aturan, melainkan hanya menjalankan regulasi yang ditetapkan Pemerintah.

“Jadi memang sebaiknya Pertamina menunggu terbitnya secara definitif regulasi pemerintah tersebut,” tandas Mulyanto. (Daniel)

Exit mobile version