Deprecated: Creation of dynamic property WpBerita_Breadcrumbs::$settings is deprecated in /home/jakartane/public_html/wp-content/themes/wpberita/inc/class-wpberita-breadcrumbs.php on line 26

Kecil Kemungkinan Dukung Anies, Jamiluddin Ritonga: Peluang KIB Usung Ganjar Sebagai Capres Lebih Besar

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Partai lain yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Baru (KIB) tampaknya tidak akan mengusung Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Hal itu dapat dilihat dari sinyal petinggi Golkar, PPP, dan PAN yang akan memprioritaskan kedernya menjadi capres. Karena itu, tiga partai tersebut kecil kemungkinan akan mengusung capres yang bukan kadernya.

Demikian disampaikan Pakar Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada para wartawan, Senin (18/7/2022).

Menurut Jamiluddin, kalaupun mereka akan mengusung di luar kadernya, maka sosok itu tampaknya sosok yang mendapatkan restu dari Presiden Jokowi.

“Sosok yang mendapat restu Istana tampaknya bukan Anies, tapi Ganjar Pranowo,” kata Dosen Pasca Sarjana Fikom Universitas Esa Unggul, Jakarta ini.

Pada dasarnya, jelas Jamiluddin, KIB selalu menyatakan akan meneruskan program Jokowi.

“Hal itu tentunya Anies kurang pas kalau yang dicalonkan KIB, sebab Jokowi lebih memprioritaskan pada pembangunan fisik, sementara Anies dalam membangun Jakarta berupaya menyeimbangkan pembangunan fisik dan manusianya,” terang Dekan Fikom IISIP, Jakarta 1996-1999 ini.

Jadi, tambah mantan Sekjen Media Watch ini, KIB akan mencari sosok yang orientasinya pada pembangunan fisik dan punya kedekatan dengan Jokowi.

“Sosok seperti itu sudah pasti bukan Anies, melainkan Ganjar yang lebih mendekati kriteria seperti itu,” pungkas Jamiluddin Ritonga. (Daniel)

Tinggalkan Balasan