Truk Tabrak Kerumunan Prosesi Keagamaan di India, 12 Orang Tewas

JAKARTANEWS.ID – NEW DELHI: Sebuah truk menabrak kerumunan orang saat prosesi keagamaan Hindu di Negara Bagian Bihar, India, Minggu (20/11/2022) malam waktu setempat. Setidaknya 12 orang tewas akibat kecelakaan itu. 

“Setidaknya sembilan orang tewas di tempat. Banyak lainnya telah dibawa ke Rumah Sakit Sadar di Hajipur (ibu kota distrik), dan tiga meninggal karena luka-luka dalam perjalanan,” kata pejabat setempat, Mukesh Roushan, seperti dikutip dari penyiar NDTV, pasa Senin (21/11/2022).

Insiden itu terjadi di perkampungan Desari, 30 km dari ibu kota Bihar, Patna, sekitar pukul 21.00 waktu setempat (22.30 WIB) Minggu. Dalam prosesi itu, jemaat berkumpul di depan pohon keramat di pinggir jalan untuk berdoa kepada dewa setempat.

Menurut laporan NDTV, warga setempat mengklaim setidaknya ada empat anak di antara para korban.

Ritual itu diadakan penduduk sebagai bagian dari kebiasaan yang terkait dengan pernikahan. Tiba-tiba sebuah truk menabrak kerumunan orang di lokasi prosesi Hindu tersebut.

Polisi mengatakan, pengemudi truk kehilangan kendali saat bergerak di jalan raya Mahnar-Hajipur yang berdekatan dengan lokasi upacara keagamaan itu.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyatakan belasungkawa sehubungan dengan insiden tersebut. Dia pun memerintahkan pihak terkait untuk memberikan santunan sebesar 200.000 rupee kepada keluarga korban tewas dan 50.000 rupee kepada keluarga korban luka. (Amin)

Leave a Reply