Inggris Kirim Rudal Pemandu Laser Brimstone 2 ke Ukraina

JAKARTANEWS.ID – LONDON: Inggris telah memasok sejumlah rudal  Brimstone 2 berpemandu laser ke Ukraina. Hal itu terungkap lewat laporan The Telegraph, awal pekan ini.

Menurut media Inggris, rudal tersebut dapat menempuh jarak dua kali lipat dari rudal Brimstone versi sebelumnya.

Inggris pertama kali memasok rudal itu ke Ukraina sekitar enam bulan lalu. Rudal itu biasanya diluncurkan dari udara dengan pesawat tempur. Namun, pasukan Ukraina memodifikasi truk-truk militer mereka agar bisa difungsikan sebagai platform  peluncur rudal tersebut.

Versi pertama Brimstone mulai digunakan Angkatan Udara Inggris atau Royal Air Force (RAF) pada 2005. Tiga tahun berikutnya, kemampuan rudal itu ditingkatkan menjadi rudal berpemandu laser. Model selanjutnya, yaitu Brimstone 2, mulai beroperasi pada 2016.

Kementerian Pertahanan Inggris baru-baru ini menyatakan, pihaknya segera memberikan Ukraina sekitar 1.000 rudal darat ke udara tambahan.

Rusia melancarkan operasi militer di Ukraina pada 24 Februari, setelah Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) meminta bantuan Moskow untuk mempertahankan diri dari pasukan Ukraina. DPR dan LPR adalah dua entitas politik di Donbas yang memisahkan diri Ukraina.

Sejak itu, negara-negara Barat mengirimkan berbagai persenjataan ke Ukraina untuk melawan Rusia. Pada saat yang sama, mereka juga memperkenalkan beragam bentuk sanksi ekonomi kepada Moskow.

Pada Oktober lalu, Provinsi Kherson, Zaporizhzhia, DPR, serta LPR di Ukraina digabungkan ke dalam Federasi Rusia setelah Moskow menggelar referendum di empat wilayah tersebut. (Amin)

Leave a Reply