Surpres Panglima TNI Belum Diterima, Sufmi Dasco Yakin Presiden Punya Pertimbangan Matang

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Belum dikirimkannya nama calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa oleh Mensesneg Pratikno membuat publik bertanya-tanya siapakah sosok yang akan menjadi orang nomor satu di jajaran TNI nantinya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, semua Kepala Staf di setiap Angkatan di bawah komando TNI berpeluang menjadi Panglima TNI.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini menilai, Presiden Jokowi tentu memiliki pertimbangan matang dengan melihat situasi dan kondisi saat ini dalam memilih calon Panglima TNI.

“Saya pikir semua berpeluang. Itu semua tergantung pada kebutuhan Panglima tertinggi yaitu Presiden dalam melihat situasi dan kondisi saat ini,” kata Dasco kepada para wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Dasco sendiri mengaku, pihaknya sampai saat ini hanya menunggu Surpres dari Presiden mengenai nama calon Panglima TNI mendatang, lantaran siapapun nama yang ditunjuk Presiden nanti merupakan sepenuhnya hak prerogatif Presiden.

Legislator asal Dapil Banten 3 ini menambahkan, apabila nama calon Panglima sudah diterima maka DPR RI akan segera melakukan tahapan sesuai mekanisme yang berlaku.

“Kami yang di DPR karena itu adalah hak prerogatif Presiden, tentunya menunggu dan akan melakukan tahapan sesuai dengan mekanisme apabila sudah diterima. (Daniel)

Leave a Reply