TAPI: Sudah Tepat Langkah Jaksa Agung Jawab Tantangan Zaman

Lantik 5 Pejabat Staf Ahli Eselon I

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA: Lantik 5 Staf Ahli, upaya Jaksa Agung itu diduga bagian mengakomodir para Kajati kelas I A yang selama ini tertahan lantaran tidak ada jabatan eselon setara  yang lowong.

Selain itu juga, para pejabat eselon satu, baik Jaksa Agung Muda (JAM) dan Kepala Badan Litbang masih berusia muda atau 2 hingga 4 tahun masuk usia fungsional jaksa saat berusia 60 tahun.

“Sepanjang itu untuk menghindari kevakuman (jabatan menahun) juga agar promosi dan mutasi berjalan. Kenapa tidak, ” kata Ketua Tim Advokasi Patriot Indonesia (TAPI) Iqbal D. Hutapea, Kamis (24/11).

“Justru, langkah Jaksa Agung sudah tepat. Beliau punya hak Diskresi agar organisasi tetap dinamis dalam menjawab tantangan zaman, ” pungkas Iqbal.

Jabatan Staf Ahli Jaksa Agung masuk kategori Eselon I setara dengan Jabatan JAM dan Kepala Badan Litbang.

Sebelum ini, jabatan Staf Ahli terkait dengan Jabatan JAM dan Badan Diklat Kejaksaan.

JAM dimaksud bidang Pidsus, Pidum, Datun, Intelijen, Pengawasan, Pembinaan, Pidana Militer dan Badan Diklat Kejaksaan

ISU STRATEGIS

Jaksa Agung menyampaikan  staf ahli yang dilantik diharapkan dapat menggali isu-isu strategis yang berkembang dalam masyarakat.

“Isu yang strategis untuk 2023-2024 adalah terkait dengan proses pemilihan umum serentak, baik  Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden maupun pemilihan anggota legislatif di pusat dan daerah. ”

Sementara isu strategis yang perlu digali di masyarakat adalah pemantauan terkait dengan krisis global seperti krisis energi, krisis ekonomi, dan krisis keuangan.

“Ketiga, isu terkait dengan pemanasan global, dan selanjutnya adalah isu transformasi digital,” ujar Jaksa Agung.

ASRI A. PUTRA

Lima Pejabat Staf Ahli Jaksa Agung ST. Burhanuddin yang dilantik, adalah Dr. Asri Agung Putra sebagai Staf Ahli Pertimbangan dan Pengembangan Hukum.

Asri, biasa disapa adalah Mantan Kasubdit Tipikor dan TPPU serta Direktur Penyidikan pada Jampidsus. Terakhir, Kajati DKI dan Sesjamwas.

Lalu, Dr. Firdaus Dewilmar (Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya). Terakhir, Sesjampidmil. Sebelumnya, Mantan Kajati Sulsel.

Kemudian, Dr. Ade Eddy Adyaksa (Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi). Terakhir, Sesjamintel. Mantan Kajati Jabar.

Dua terakhir, Staf Ahli Bidang Akuntabilitas dan Informasi Publik  Ely Shahputra, S.H., M.H dan Staf Ahli Politik, Keamanan, dan Penegakan Hukum Dr. Wisnu Baroto. (ahi)

Leave a Reply